Berita

    Ketahui Penyebab & Cara Mengatasi Asap Knalpot Mobil yang Hitam

    Asap knalpot mobil hitam adalah tanda-tanda mesin atau adanya komponen mesin yang tidak sehat. 

    Jika dibiarkan, selain merusak mesin mobil, asap knalpot ini juga sangat berbahaya bagi lingkungan dan Kesehatan karena dapat menjadi sumber polusi yang bahkan bisa menjadi penyebab sakit kanker paru-paru atau penyakit pernapasan akut lainnya. 

    Daftar Penyebab Asap Knalpot Mobil Hitam dan Cara Mengatasinya:

    Penyebab asap knalpot mobil hitam bisa terjadi karena beberapa hal. Berikut akan menunjukkan kepada Anda penyebab asap hitam di dalam mobil dan cara menangani dengan benar serta teknik yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik mobil.

    • Busi Mobil Kotor dan Berdebu

    Penyebab pertama asap knalpot mobil hitam adalah mungkin karena jelaga atau kotoran yang menempel pada busi busi sudah menumpuk banyak dalam waktu yang lama. 

    Saat filter udara mesin kurang baik, penggunaan mobil dalam waktu lama menyebabkan busi tertutup jelaga atau kotoran hitam. 

    Dan pada saat kunci kontak aktif atau saat Anda ingin menghidupkan mesin, mobil otomatis mengeluarkan asap hitam yang pekat dan banyak serta mampu mencemari lingkungan.

    Untuk mengatasi masalah asap hitam yang disebabkan oleh busi yang kotor ini, Anda sebagai pemilik mobil harus memeriksa filter udara dan mengganti busi baru untuk mobil.

    Sebagian untuk memperbaiki knalpot mobil, dan sebagian lainnya untuk membantu sistem pengapian mobil bekerja lebih baik.

    • Injektor Bahan Bakar Rusak atau Tersumbat oleh Residu 

    Injektor bahan bakar yang rusak atau tersumbat dapat disebabkan oleh sumber bahan bakar yang kotor yaitu bahan bakar yang mengandung residu. 

    Ini akan berakibat ketika bahan bakar ini melewati injektor dalam waktu lama tanpa dibersihkan, akan menyebabkan injektor ini tersumbat dan menempel. 

    Sehingga pembakaran ruang juga menjadi kotor saat membakar bahan bakar untuk mesin dan dari sana mobil mengeluarkan gas hitam.

    Untuk mengatasi situasi ini, Anda sebagai pemilik mobil perlu membersihkan injektor atau mengganti injektor bahan bakar baru untuk memperbaiki kesalahan. 

    Selain itu, hal ini juga membantu menghemat bahan bakar dan melindungi ruang bakar mesin mobil Anda dari kerusakan yang lebih parah.

    • Filter Udara Mesin Kotor atau Rusak

    Jika asap mobil berwarna hitam, salah satu langkah pertama paling efektif adalah memeriksa filter udara mesin mobil Anda.