Berita

    Wajib Tahu! Ini Cara Memperbaiki Penyok Mobil Walaupun Dirumah

    Bumper depan serta belakang biasanya menjadi bagian yang sering terjadi benturan dan akhirnya membuat penyok mobil. Bila benturan yang terjadi masih dalam taraf ringan, sebenarnya terdapat langkah mudah untuk memperbaikinya tanpa perlu ke bengkel.

    Penyok di mobil pada dasarnya bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti karena kecelakaan, menabrak objek serta kelalaian lain ketika berkendara. 

    Cara Perbaiki Penyok Mobil di Rumah

    Bila kerusakan yang terjadi tidak parah, untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat memperbaiki kerusakan ini di rumah. Berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang penyok, antara lain:

            1. Menggunakan Cairan Karbondioksida serta Hairdryer

    Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mobil yang penyok adalah menggunakan cairan karbondioksida serta hair dryer untuk bahan utama. 

    Cara ini memanfaatkan adanya perpindahan suhu secara drastis dari panas ke dingin. Ketika bagian mobil melengkung, serta terkena perpindahan suhu, dalam waktu singkat akan ada hentakan daya dorong yang alami. 

    Seperti yang kita ketahui, hair dryer akan memberi suhu panas dengan waktu singkat ketika ditempelkan di karbondioksida. Adanya perpindahan suhu ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan body mobil seperti sedia kala. 

            2. Air Panas

    Selain menggunakan cairan karbondioksida dan hair dryer, cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan air panas. Cara ini juga memanfaatkan suhu. 

    Sesuai hukum fisika yang dipelajari di bangku sekolah, dengan menggunakan air panas, akan mudah menarik body mobil ke dalam karena benturan dan akhirnya dapat kembali dalam keadaan semula. 

    Bahkan, cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki bumper yang penyok. Tetapi, meskipun demikian, salah satu hal yang harus diingat adalah, cara ini dapat digunakan untuk memperbaiki penyok mobil di bagian serat karbon atau bahan plastik. 

            3. Pops A Dent

    Bahan berikutnya adalah Pops A Dent. Penggunaan Pops A Dent ini tidak memanfaatkan perpindahan suhu panas.  Berikut langkah yang dapat dilakukan ketika menggunakan Pops A Dent, antara lain:

    • Beli Pops A Dent yang memiliki bentuk pad lem sesuai ukuran yang sama dengan penyok pada mobil, kemudian tempelkan di bagian yang penyok.
    • Panaskan  glue stick beberapa menit.
    • Biarkan lem mengering selama 3 hingga 5 menit, kemudian pastikan jika lem tersebut sudah lengket.
    • Putar pad dengan menggunakan tuas yang disediakan. Pemutaran pad dilakukan untuk mengembalikan body mobil yang sudah penyok agar kembali ke bentuk semula.  
    • Jika belum sempurna, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini kembali sampai memperoleh hasil sempurna.