Berita

    Simak Fungsi & Bagian-bagian Dashboard Mobil

    Dashboard mobil merupakan sebutan untuk bagian depan di dalam kabin mobil. Dashboard menjadi tempat kemudi dan semua panel tombol, serta indikator untuk mengendalikan mobil.

    Selain itu, dashboard juga dapat menunjang tampilan kabin mobil. Interior mobil yang terlihat mewah, sporty, atau klasik semuanya ditunjukkan dari desain dashboard. Maka dari itu, setiap tipe dan model mobil memiliki detail dashboard yang berbeda. 

    Fungsi Dashboard Mobil

    Sebenarnya fungsi utama dashboard adalah menjadi tempat panel indikator mobil. Kondisi mesin dan mobil pada umumnya, bisa diketahui oleh pengemudi melalui lampu indikator. Dashboard juga menjadi tempat pengemudi mengendalikan semua fitur mobil. 

    Kemudian fungsi lain dari dashboard adalah memberi kenyaman pada pengendara. Karena di balik dashboard terdapat banyak komponen dan semuanya saling terhubung. Jika bagian ini tidak tertutup dan tidak tertata dengan rapi, tentu pengemudi akan merasa tidak nyaman. 

    Sudah disebutkan juga di awal bahwa, dashboard menjadi bagian interior yang sangat mempengaruhi tampilan kabin mobil. Dashboard terbuat dari berbagai macam material, bisa plastik, kayu atau gabungan keduanya. 

    Ada pula pemilik mobil yang memodifikasi bagian dashboard. Misalnya dengan mengganti warna cat, menutupi dengan bahan lembut seperti karpet atau menaruh aksesoris mobil. Semuanya tergantung selera dari masing-masing pemilik kendaraan.  

    Bagian-bagian Dashboard Mobil

    Dashboard terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi penting. Pengguna mobil harus mengenal semua bagian dashboard dan memahami cara kerjanya. Berikut ini bagian-bagian yang ada pada dashboard kendaraan:

    • Kunci Kontak

    Pertama, dashboard merupakan tempat diletakkannya kunci kontak untuk menyalakan mesin. Lubang kunci kontak ada di bagian kanan bawah dari kemudi mobil. 

    Sedangkan untuk jenis mobil baru, kunci kontak diganti dengan tombol engine start. Lokasinya juga di dashboard sebelah kanan pengemudi. 

    • Lampu Indikator

    Kemudian di hadapan jok pengemudi tepatnya di balik setir mobil, terdapat lampu indikator. Bagian ini terdiri dari panel indikator yang penting seperti speedometer, jumlah bahan bakar, suhu mesin, lampu sein dan lain sebagainya. 

    Pengemudi perlu memperhatikan lampu indikator untuk mengetahui kondisi mobil terkini. Jika dihiraukan maka akan sangat berbahaya.