Berita

    Simak Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

    Mimpi buruk yang sering ditakutkan oleh pengendara adalah saat mobil mogok di jalan. Keadaan ini pasti akan membuat repot, padahal mungkin Anda sudah mengecek dan memastikan semua dalam keadaan oke sebelum mengendarai mobil. Bagaimana bisa?

    Oleh karena itu, maka sangat penting agar Anda tahu penyebab mobil mogok dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki bila terjadi kasus tersebut.

    Untuk Anda yang merasa masih benar-benar awam soal otomotif, maka harus mulai mencari tahu tentang berbagai hal tentang penyebab dan cara untuk atasi mobil mogok. Penting juga untuk tahu cara mencegah mobil mogok.

    Penyebab Mobil Mogok

    • Oli di Gearbox Habis

    Ini biasanya terjadi pada mobil matic. Gearbox memiliki peran krusial agar pengendara bisa lebih mudah memindah gigi dan bermanuver.

    Anda harus selalu memastikan agar oli gearbox selalu dalam keadaan baik dan jangan sampai kehabisan karena nantinya akan membuat mobil mogok.

    • Baut Mesin Kendor

    Ini juga merupakan masalah yang penting. Pastikan agar baut pada mesin mobil terpasang dengan sempurna dan benar. Jadi jangan sampai baut terlalu longgar ataupun kencang.

    Akibat dari pemasangan baut yang tidak sempurna adalah mesin bisa bocor. Dan jika terjadi di bagian kompresi, mesin akan mati seketika.

    • Karburator Tidak Berfungsi

    Saat mesin mendadak mati dan tidak bisa dinyalakan lagi, bisa jadi itu karena masalah karburator. Ini sering terjadi apalagi untuk mobil keluaran lama.

    Karburator sangat berpengaruh pada distribusi bahan bakar mobil. Bila distribusi bahan bakar terlalu minim, proses pembakaran mesin tidak sempurna sehingga mesin tidak bisa dinyalakan.

    Bagaimana jika sudah dinyalakan tetapi tiba-tiba mati? Bisa jadi ini karena kinerja karburator kurang. Coba lepas selang dan masukkan ke botol.

    • Suhu Mesin Terlalu Panas

    Suhu yang terlalu panas memberikan efek buruk bagi mesin. Ini bisa berujung mobil mogok.hal yang bisa Anda lakukan adalah mengecek air radiator.

    Segera isi ulang bila habis, karena air ini berfungsi sebagai air minum mesin. Jangan sampai kehabisan air karena proses pendinginan menjadi terhambat.

    Cara Atasi Mobil Mogok

    Bagaimana cara mengatasi mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan? Jangan panik, bila terjadi coba untuk ikuti tips berikut ini.

    • Menepikan Mobil ke Bahu Jalan