Berita

    Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

    Apakah Anda sebagai pemilik mobil memiliki masalah dengan oli yang cepat berkurang atau habis, padahal Anda rutin menggantinya? Artikel ini akan membantu Anda menemukan penyebab oli mesin berkurang sehingga Anda tak perlu lagi dipusingkan oleh masalah ini. 

    Penyebab Oli Mesin Berkurang pada Mobil

           1. Ring dan Piston Silinder Sudah Tidak Layak 

    Oli mesin mobil yang cepat habis biasanya disebabkan komponen seperti ring piston dan silinder yang sudah aus. Hal ini mengakibatkan oli mudah terbakar bersama bahan bakar di ruang bakar mesin.

    Bila situasi ini berkelanjutan saat mesin mobil menyala, oli akan terus menyusut dan kemudian habis. Dampak berkelanjutan bisa nampak melalui asap berwarna putih yang diproduksi knalpot mobil yang merupakan tanda bahwa telah terjadi kebocoran oli dan masuk ke dalam piston.

            2. Masalah pada Sistem Pendingin Mesin

    Salah satu penyebab oli mesin mobil cepat berkurang lainnya adalah terjadi kerusakan pada sistem pendingin mesin. Masalah pada sistem pendingin membuat mobil gagal meredam panas dengan baik. 

    Suhu mesin yang terlalu panas menciptakan kondisi oli mudah menguap melalui lubang pernafasan mesin.

           3. Seal dan Drain Plug Mesin Bocor

    Anda juga harus mengecek seal packing yang berada di antara sambungan mesin. Waktu pemakaian mobil yang sudah panjang bisa mengakibatkan bagian tersebut mengeras dan menyebabkan seal rentan sobek. 

    Kebocoran pada seal berimbas pada kuantitas oli yang akan cepat berkurang saat mobil sedang digunakan. Anda bisa mengetahui masalah ini dengan melihat sambungan mesin yang terlihat seal-nya. Jika terdapat rembesan oli, berarti penyebab oli mesin berkurang ada di bagian ini. 

    Hal tersebut berarti Anda harus segera mengganti seal tersebut. Namun, jika masalah tetap berlanjut, ada kemungkinan bagian drain plug yang berfungsi untuk membuang oli mesin, yang mengalami kebocoran.

    Untuk kondisi mendesak di tengah jalan, Anda bisa melapisi sealtip di bagian ulir blok mesin dengan drain plug sebagai langkah sementara untuk mencegah oli keluar. Namun, Anda tetap harus segera membawa mobil Anda ke bengkel setelah sampai ke tujuan.

            4. Ruang Bakar Mesin Bocor