Berita

    Ketahui Tips Memarkir Mobil di Tanjakan

    Tahukah Anda jika sedang  memarkir mobil di tanjakan atau turunan memiliki cara yang berbeda dengan yang biasa Anda lakukan pada tempat atau jalanan datar.

    Pasalnya, dengan gaya gravitasi bumi menyebabkan mobil yang diparkir pada jalan yang menanjak atau menurun cenderung akan bergerak ke arah yang lebih rendah.

    Sehingga jika Anda memarkir mobil dengan asal-asalan, akan membuat mobil Anda hanya akan meluncur ke arah sebaliknya. Tentunya ini bukan hal yang bagus terutama jika Anda masih termasuk pemula dalam mengemudi.

    Sebab, jika Anda salah perhitungan sedikit saja, bisa-bisa mobil Anda akan ‘‘menyerempet’ mobil lain. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyimak ulasan terkait tips memarkir mobil dengan baik ketika berada di tanjakan berikut ini.

    Tips Memarkir Mobil di Tanjakan

            1. Pastikan Posisi Kendaraan Berada di Sisi Kiri Jalan

    Dengan memarkir disebelah kiri jalan dapat memberikan Anda keleluasaan memarkir mobil dengan aman. 

    Berbeda jika Anda memilih untuk memarkir mobil pada sisi kanan jalan, maka secara tidak langsung Anda dapat menghalangi kendaraan lain yang ingin mendahului.

            2. Rem Tangan

    Ketika posisi parkir sudah terasa rapi dan berada pada posisi yang tepat, maka pastikan bahwa rem tangan sudah aktif dengan maksimal. Fungsinya demi menghindari mobil untuk bergerak maju atau mundur.

    Terutama jika Anda memarkir mobil di tanjakan pastikan selalu untuk menarik rem tangan dengan lebih kuat (hand brake) agar dapat menahan roda mobil untuk berputar.

            3. Masukkan Persneling

    Jika Anda mengendarai mobil manual maka Anda perlu untuk memasukkan persneling dan pindahkan tuas transmisi ke gigi 1 saat mobil akan diparkirkan pada tempat yang menanjak atau menurun

    Namun, apabila kendaraan Anda adalah mobil matic, maka Anda bisa langsung memindahkan tuas pada indikator P  saat akan parkir pada jalan yang menanjak.

            4. Posisi Ban Menghadap Tepi Jalan

    Jika keduanya sudah Anda posisikan dan persneling pun sudah dimasukkan, Anda dapat langsung memutar setir hingga ban berbelok sedikit dengan posisi menghadap trotoar. 

    Hal ini dilakukan jika terjadi hal yang buruk dalam artian mobil bergerak dan berjalan turun tiba-tiba ke arah yang lebih rendah, maka posisi ban yang sudah dikondisikan tadi dapat membuat kendaraan tidak dapat bergerak karena ditahan oleh trotoar.