Berita

    Tips Jitu Menghadapi Ban Mobil Pecah saat Berkendara!

    Mayoritas pengemudi pasti panik saat mengalami ban mobil pecah di tengah jalan. Coba bayangkan Anda mengalami kondisi ini, pasti juga akan langsung panik dan bingung harus melakukan apa. 

    Penyebab Ban Mobil Pecah

    Mari kenali dulu apa sebenarnya yang menyebabkan ban mobil pecah di tengah jalan. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini dan salah satunya adalah kurangnya tekanan udara pada ban. 

    Perawatan yang kurang optimal juga bisa menyebabkan ban mudah pecah saat di perjalanan. Apalagi jika mobil melaju di medan jalan yang tidak rata dan banyak benda tajam seperti batu-batuan. 

    Kondisi fisik ban yang sudah tidak prima juga bisa menyebabkannya pecah. Itulah mengapa sangat disarankan untuk memilih jenis ban yang tepat, berkualitas bagus, dan tentu saja harus dirawat dengan baik. 

    Ban mobil bisa pecah kapan saja tanpa Anda duga. Apalagi jika faktor penyebabnya adalah tertusuk benda tajam. Bisa saja sewaktu-waktu ada benda tajam yang mengenai ban mobil Anda. 

    Tips Mengatasinya

    Lalu apa yang harus dilakukan jika ban mobil pecah tiba-tiba saat berkendara? Sebaiknya jangan panik dulu dan terapkan beberapa tips berikut ini:

    • Hindari Penggunaan Rem

    Pertama-tama, Anda harus tenang kemudian jangan langsung mengerem saat ban mobil pecah di tengah jalan. Pengereman mendadak justru sangat berbahaya karena bisa menyebabkan ban menempel di aspal. 

    Segera angkat kaki Anda dari pedal rem untuk menghindari penginjakan rem secara tidak sengaja. Biasanya pengemudi pemula secara reflek akan langsung menginjak rem begitu ban mobil pecah. 

    • Lepaskan Pedal Gas

    Daripada menginjak rem secara tiba-tiba lebih baik lepaskan pedal gas secara perlahan saja. Pada akhirnya memang Anda harus berhenti untuk mengatasi masalah ban yang pecah tadi. 

    Namun cara berhentinya tidak boleh tiba-tiba. Jangan langsung mengerem dan jangan pula melepaskan gas mendadak. Jika hal ini Anda lakukan maka ban akan menempel di aspal dan sangat berbahaya karena ban sudah tidak punya bantalan. 

    • Arahkan Mobil dengan Tenang

    Cobalah untuk mengarahkan mobil dengan tenang. Genggam kemudi Anda erat-erat kemudian pertahankan agar mobil tetap melaju lurus. Pada saat ini Anda tetap harus tenang dan jangan panik. 

    Tidak perlu menginjak gas, biarkan saja gas berkurang secara perlahan dan arahkan mobil ke bagian tepi. Anda harus berhati-hati apalagi jika melintas di jalan besar yang banyak kendaraan.