Berita

    Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Klakson Mobil Yang Mati

    Klakson merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Karena komponen tersebut memiliki peran yang penting, jangan sampai klakson mobil mati atau tidak menyala.

    Hal ini akan menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman, apalagi jika anda ingin mendahului kendaraan lain yang ada di depan. Untuk itu, menjaga kondisi klakson mobil sehingga tetap bekerja adalah hal yang penting. Lalu apa yang menjadi penyebab klakson mobil mati dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dan triknya.

    1. Kabel Klakson Putus

    Salah satu penyebab yang paling sering terjadi dan mengakibatkan kondisi klakson mobil mati adalah kabel klakson yang  putus sehingga menyebabkan klakson tidak berbunyi. Biasanya kerusakan pada kabel klakson terjadi karena masalah kelistrikan atau kabel yang putus diakibatkan karena terdapat jamur dan karat. Untuk mengatasi problem ini, anda dapat melakukan pengetesan dengan melibatkan alat bernama test lamp. Hubungkan alat dengan kabel klakson, lalu tekan saklar nya. Apabila lampu tes tidak menyala, itu berarti dapat dipastikan kabel klakson mobil rusak. Jika kamu tidak terlalu paham mengenai kelistrikan, alangkah baiknya kamu mencari bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan mengapa klakson mobil mati.

            2. Saklar Klakson Berkarat

    Penyebab klakson mobil mati lainnya bisa disebabkan karena klakson mobil yang memang sudah mati. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena terdapat karat pada lempengan tembaga, kotoran yang menumpuk, maupun masalah pada kelistrikan mobil. Untuk memperbaikinya memang cukup rumit, Anda perlu membongkar saklar dan memastikan jika aliran listrik yang mengalir baik dan cukup. Setelah itu bersihkan semua kotoran yang menempel.

            3. Sekring Klakson Putus

    Jika sekring pada klakson mobil putus, maka klakson mobil otomatis juga tidak akan menyala meskipun Sobat sudah berulang kali menekan klakson. Sekring yang mati biasanya disebabkan karena adanya suplai listrik yang terlalu besar dan usia pakainya sudah lama sudah seharusnya diganti.

            4. Relay Klakson Rusak

    Penyebab klakson mobil mati bisa juga karena relay kotor, usang, ataupun terkena air. Pada beberapa tipe kendaraan yang dilengkapi relay, fungsi komponen ini adalah sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai. Letaknya ada pada sistem kelistrikan mobil dan berperan penting dalam menghasilkan bunyi ketika tombol klakson ditekan. Bila relay telah usang, maka ia tidak akan maksimal dalam menghubungkan klakson dengan sumber listrik.