Berita

    Waktu yang Tepat Mengisi Angin Ban Mobil

    Ban pada mobil merupakan salah satu bagian yang sangatlah vital, karena mobil bergerak menggunakan ban. Oleh karena itu menjaga kondisi ban dan tekanan anginnya menjadi sangat penting, apalagi saat kamu dalam perjalanan mudik.

    Banyaknya pengemudi yang seringkali mengabaikan kondisi tekanan angin pada ban menjadi hal yang sangat disayangkan, karena kurangnya tekanan angin pada ban sendiri bisa berdampak pecahnya ban ataupun bocor dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

    Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi para pengemudi untuk memeriksa kondisi ban dan tekanan anginnya secara teratur sebelum melakukan perjalanan.

    Ternyata ada waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan atau menambah tekanan angin pada ban mobil agar pengisian tekanan anginnya bisa maksimal.

    Kapan waktu yang tepat?

    Kamu bisa melakukan pengecekan tekanan angin pada saat dingin, artinya saat mobil berhenti atau tidak digunakan seperti di pagi hari, malam hari atau saat mobil sudah tidak digunakan minimal selama 2 jam.

    Kalau tekanan angin ban yang ideal untuk mobil yang kamu gunakan, kamu bisa mengacu pada buku manual atau petunjuk masing-masing mobil, karena berbeda mobil akan berbeda pula standar ideal tekanan angin bannya.

    Nah, gas nitrogen juga ada yang digunakan untuk mengisi ban mobil. Tapi perlu kamu ingat, gunakan gas nitrogen hanya untuk ban yang bergerak saja.

    Sementara untuk ban cadangan tidak disarankan untuk mengisi anginnya dengan nitrogen, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada ban.

    Kenapa? karena karakter molekul nitrogen yang dingin justru membuat bagian dalam ruang ban mobil atau karetnya kering dan kemudian getas. Lebih baik gunakan angin biasa saja untuk ban cadangan.

    Nah, saat melakukan perjalanan mudik sebaiknya kamu melakukan pengecekan rutin mulai dari sebelum berangkat sampai ketika ditengah perjalanan. Salah satunya saat berhenti di rest area, sebaiknya kamu lakukan pengecekan apakah kondisi angin ban normal atau kurang.

    Apabila kurang segera lakukan penambahan angin ban agar ban tetap prima untuk melanjutkan perjalanan. Stay safe selalu saat berkendara ya.