Berita

    Mengenal Apa itu Interior Mobil dan Bagian-bagiannya pada Mobil

    Bukan hanya mesin mobil serta penampilan mobil dari luar saja yang harus diperhatikan. Bagian lain yang harus diperhatikan dengan baik adalah interior mobil. Dengan memiliki interior yang baik, nantinya kendaraan akan sangat nyaman dipakai sebagai penunjang perjalanan. 

    Sebenarnya, apa itu bagian interior pada mobil? apa saja bagian-bagiannya?

    Bagian-bagian Interior Mobil

    Interior merupakan bagian yang berada di dalam mobil. Sayangnya, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menomorduakan bagian ini, karena menganggap jika anterior memiliki fungsi yang tidak sepenting mesin. 

    Padahal, interior dapat mengalami kerusakan atau gangguan. Apalagi jika kendaraan sering digunakan tetapi minim perawatan. Focus perawatan antara eksterior dan interior harus sama. Oleh sebab itu, kenali bagian interior kendaraan agar dapat memeriksanya dengan rutin. Berikut sejumlah bagian interior kendaraan, antara lain:

            1. Ac

    Air Conditioner atau AC merupakan komponen vital yang dimiliki kendaraan. Tanpa terdapat AC, kendaraan menjadi kurang nyaman. Anda harus waspada jika AC sering mendadak mati, atau suara mesin berdecit ketika mobil dihidupkan. Hal tersebut juga dapat menjadi indikator kerusakan AC.

            2. Kemudi

    Bagian lainnya yang harus diperhatikan adalah setir atau kemudi. Anda harus memeriksa apakan bagian ini berjalan dengan baik. Jangan lupa mengecek apakah power steering yang dimilikinya juga bekerja dengan baik. 

    Periksa bagian panel indikator yang ada di depan setir. Lihat pula speedometer serta indikator yang lain. Apakah indikator tersebut bekerja dengan baik atau mengalami masalah. 

            3. Karpet dan Jok

    Bagian interior yang tidak boleh luput dari pemeriksaan adalah karpet dan jok. Jok mempunyai peran penting untuk pengendara, terutama untuk alas kaki. Jangan lupa periksa jok sebelum menggunakan mobil. 

    Pastikan jika jok berada dalam kondisi nyaman dan baik untuk diduduki. Bagaimana dengan karpet? Bagian ini juga harus rajin dibersihkan karena bersinggungan dengan area luar mobil. sebisa mungkin, cuci karpet pelapis jika sudah terlihat kotor atau tertutup kotoran. 

            4. Head Unit

    Komponen selanjutnya adalah head unit. Head unit memiliki fungsi sebagai penerima sinyal audio yang ada di dalam mobil. Bentuk head unit ini adalah layar dan berfungsi mengatur semua audio mobil baik dari Radio FM/AM, DVD, CD dan yang lainnya. 

    Cara Merawat Interior