Berita

    Begini Cara Hindari Mabuk Perjalanan

    Bagi sebagian orang, berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya tidak sedikit orang yang akan merasa mabuk saat melakukan perjalanan terlalu jauh,

    Meski tidak berbahaya, tetap saja perjalanan akan menjadi terganggu dan kurang nyaman. Terlebih untuk penderita, Ia akan tersiksa sepanjang perjalanan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memastikan perjalanan tidak terganggu.

    Kondisi tersebut akan diperparah bila ternyata jalan yang dilalui memiliki kondisi jalan yang tidak rata sehingga membuat tubuh berguncang. Hal ini tentunya akan sangat berat bagi mereka yang sedang mabuk perjalanan.

    Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

    Walau bukan termasuk kondisi yang berbahaya, mabuk perjalanan tentunya bisa mengganggu kenyamanan perjalananmu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

    • Tidak Mengkonsumsi Makanan Berat Sebelum Perjalanan

    Bagi yang mudah merasakan mabuk perjalanan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat bepergian. Bila merasa lapar, sebaiknya mengkonsumsi makanan ringan atau setidaknya kurangi porsi makanan yang dikonsumsi.

    Perut yang terisi penuh ditambah dengan guncangan selama perjalanan bisa meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan makanan yang hendak dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan.

    • Pilih posisi tempat duduk yang nyaman

    Posisi tempat duduk sangat mempengaruhi seseorang untuk terhindar dari rasa mabuk. Untuk itu selalu hindari posisi duduk yang berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan karena lebih memicu mabuk kendaraan. Dengan memilih posisi tempat duduk yang satu arah dengan pergerakan kendaraan maka posisi tubuh akan searah dengan kendaraan. Anda juga tidak akan merasakan efek tubuh seolah tertarik ke arah berlawanan.

    • Istirahat cukup sebelum bepergian

    Kelelahan juga salah satu penyebab utama mabuk kendaraan. Untuk itu pastikan untuk selalu beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Jika memang tidak memungkinkan, pastikan agar Anda bisa beristirahat di kendaraan.

    • Berbaring saat mulai merasa tidak enak badan

    Bila Anda sudah mulai merasa tidak enak badan saat sedang dalam perjalanan, segeralah berbaring. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, ambil posisi istirahat yang nyaman seperti duduk bersandar. Duduklah dengan nyaman dan luruskan kaki Anda sebagai cara menghilangkan mabuk kendaraan. Pejamkan mata hingga rasa mual mereda. Jika merasa haus, Anda bisa minum air mineral.

    • Konsumsi obat anti mual