Berita

    Walau Murah, Tutup Pentil Rupanya Memiliki Banyak Fungsi

    Tutup pentil mungkin salah satu komponen pada kendaraan yang mendapat pandangan remeh di mata masyarakat. Padahal tutup pentil memiliki peran vital untuk menjaga tekanan ban agar tetap optimal saat digunakan.

    Tak hanya itu, tutup pentil juga sebenarnya memiliki sederet fungsi yang berguna untuk memastikan perjalanan menjadi lebih menenangkan. Dengan demikian maka pengendara bisa lebih percaya diri untuk berkendara. 

    Dan berikut adalah beberapa manfaat dari tutup pentil.

    • Mencegah Masuknya Kotoran atau Benda Asing

    Dengan menggunakan tutup pentil maka risiko ada kotoran yang menempel di lubang pentil akan lebih kecil. Perlu diingat bahwa bila pentil tidak diberi tutup maka memungkinkan adanya benda tersangkut dan membuat angin keluar dari pentil.

    Selain itu, ketika pentil tidak ditutup dan kemasukan kotoran, ini akan berakibat mengotori komponen-komponen penting pada pentil. Salah satu komponen penting tersebut ialah sil karet. Ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penahan angin agar angin di dalam ban tidak bocor atau keluar.

    Jika sil karet sampai rusak karena kotoran atau benda keras yang masuk ke dalam ban, ini bisa mengakibatkan kebocoran halus. Ketika bagian dalam ban terisi kotoran, ini juga bisa menjadi sebuah kesulitan untuk melakukan penambahan atau pengisian angin.

    • Menjaga Tekanan Angin

    Fungsi lain dari tutup pentil motor atau mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga. Misalnya saat dalam perjalanan, ban kendaraan melindas batu yang membuat roda tertekan. Jika saat demikian pentil tidak memiliki penutup, maka angin dalam ban yang tertekan akan keluar.

    Berbeda saat pentil ditutup, tekanan angin tak akan bisa keluar karena terhalang, sehingga ban tidak kempes. Dengan pentil yang ditutup juga akan mencegah terjadinya rembesan udara dari dalam yang mungkin terjadi.

    • Mencegah Potensi Ban Pecah

    Tak hanya untuk menjaga tekanan angin dalam ban, pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemungkinan ban pecah. Saat kendaraan digunakan untuk melaju di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, ini akan membuatnya menjadi tidak stabil.

    Kondisi yang demikian bisa membahayakan pengendara. Pasalnya, dalam kondisi tersebut kawat penyangga pada ban akan bekerja lebih guna menahan beban ekstra yang disebabkan tekanan udara berkurang. Jika kondisi tersebut dibiarkan saja atau tak kunjung disadari, kawat akan putus dan membuat ban pecah atau benjol.

    • Mencegah Kemasukan Air