Berita

    Kenali Fungsi Lampu DRL Pada Mobil

    Sekarang ini mobil keluaran terbaru sudah menggunakan lampu DRL (Daytime Running Light). Lampu DRL mobil ini dapat meningkatkan keselamatan pengemudi saat berkendara dan pengguna jalan lainnya. 

    Lampu DRL berbeda dengan lampu utama yang dinyalakan saat hari mulai gelap. Lampu utama umumnya menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode), sehingga sorot cahayanya cukup terang. 

    Lampu DRL juga bisa menggunakan LED namun pancaran cahaya lampunya tidak begitu terang. Karena lampu DRL memang digunakan untuk berkendara di siang hari. Lampu ini akan otomatis menyala saat mesin mobil dihidupkan. 

    Fungsi Lampu DRL Mobil

    Sistem penerangan pada mobil terdiri dari headlamp, foglamp, stoplamp, serta lampu aksesoris lainnya. Pada komponen headlamp yang berada di bagian depan mobil, terdapat beberapa jenis lampu. Yaitu lampu utama yang bisa diatur dekat (low beam) atau jauh (high beam).

    Kemudian ada lampu signal turn atau biasa disebut lampu sein. Gunanya untuk memberitahu pengendara lain saat mobil hendak berbelok. Lalu ada lampu DRL, lampu yang memang sengaja dinyalakan di siang hari. 

    Lampu DRL ini memiliki fungsi yang penting untuk menjaga keselamatan pengemudi, berikut ini penjelasannya:

    • Memberitahu Keberadaan Mobil

    Lampu DRL pada mobil berfungsi untuk memberitahu keberadaan mobil pada pengguna jalan yang lain. Sinar lampu akan membantu pengguna jalan di sekitar mengetahui posisi mobil Anda. 

    Misalnya saat pengendara lain hendak menyalip, sorot lampu DRL mobil Anda dari arah berlawanan akan memudahkan mereka menyadari mobil Anda yang mulai mendekat. 

    Kemudian saat pejalan kaki ingin menyeberangi jalan, mereka bisa dengan mudah mengenali keberadaan mobil Anda di jalan raya. 

    • Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

    Karena lampu DRL terbukti meningkatkan kewaspadaan sesama pengemudi dan pengguna jalan, maka angka kecelakaan bisa ditekan. 

    Bahkan berdasarkan studi Committee for Risk Assessment (RAC) yang ada di Eropa, lampu DRL efektif menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. 

    Sebab mobil jadi lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan. Karena itulah pengendara mobil kini diwajibkan menyalakan lampu DRL di siang hari. 

    Ditambah produsen kendaraan otomotif sudah mengatur lampu DRL mobil menyala secara otomatis saat mesin kendaraan dihidupkan. 

    • Meningkatkan Keamanan Saat Hujan