Berita

    Terungkap, Ini Penyebab Bensin Mobil Boros, Mari Cari Tahu! Ini Dia Penyebab Bensin Boros yang Jarang Diketahui

    Sebenarnya, ada berbagai macam penyebab bensin boros yang mungkin tidak disadari pengguna. Biasanya, pengguna kendaraan khususnya mobil malah menyalahkan tipe mobil atau merek mobil yang mereka miliki. 

    Karena pemborosan bensin seperti tidak terduga, biasanya tanpa disadari, jumlah Anda melakukan pengisian bahan bakar menjadi lebih banyak dan akhirnya anggaran pembelian BBM mulai mengalami pembengkakan.

    Bila dibiarkan begitu saja, tentu saja akan menjadi semakin merugikan, lebih-lebih ditambah dengan harga BBM yang secara terus menerus mengalami kenaikan. 

    Bila Anda mengalaminya, sebenarnya Anda masih memiliki pilihan lain, yakni mencari tahu penyebab borosnya bahan bakar dan memperbaiki kondisi tersebut. Jika semakin dini terdeteksi tentu saja akan semakin cepat teratasi. 

    Penyebab Bensin Mobil Boros

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab mobil mengalami pemborosan bensin, antara lain:

    1. Gaya Mengemudi yang Agresif

    Tidak banyak pengendara mobil yang menyadari bila gaya mengemudi akan mempengaruhi tingkat penggunaan bahan bakar. Tingkat efisiensi bahan bakar bisa bergantung dari kecakapan pengemudi saat mengendarai mobil. 

    Bila Anda merupakan pengemudi yang agresif, bensin bisa menjadi lebih boros. Bentuk perilaku agresif ini seperti melakukan akselerasi secara mendadak atau menginjak pedal rem dengan kekuatan penuh. 

    Perlu diketahui, melakukan akselerasi mendadak bisa menaikkan suplai bensin hingga ke batas maksimal, sedangkan melakukan pengereman secara berlebihan bisa membuat mobil harus di gas lebih dalam agar memiliki tenaga untuk bergerak kembali. 

    Dengan cara berkendara yang agresif seperti ini, tingkat pemborosan bahan bakar bisa mencapai 33% ketika dalam kecepatan tinggi dan 5% ketika dalam kecepatan rendah.

            2. Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

    Penyebab bensin mobil boros lainnya adalah menggunakan bahan bakar yang kurang tepat. Mungkin Anda sendiri sering melihat pengguna mobil mengisi kendaraannya dengan bahan bakar yang tidak tepat. 

    Padahal, BBM tidak boleh dipilih dengan sembarangan. Perlu diketahui, tidak semua bahan bakar yang dijual cocok dengan kompresi mesin mobil. Bila terlalu sering menggunakan bahan bakar sembarangan, semakin lama timbul kerak. 

    Selain timbul kerak pada mesin mobil, kerja mobil juga menjadi semakin berat dan akhirnya penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar pada umumnya.