Berita

    Simak Penyebab Kelistrikan Mobil Mati & Solusinya

    Apabila kelistrikan mobil mati total, maka bisa berdampak kepada komponen-komponen lain yang membutuhkan daya listrik untuk berfungsi. Seperti starter, lampu, audio, dan AC. Pada akhirnya bisa membuat mesin mobil sama sekali tidak bisa menyala.

    Kelistrikan mobil mati bisa disebabkan oleh beberapa kendala. Jika Anda bisa menemukan apa permasalahannya, apakah pada Aki atau kabel, Anda bisa saja menghidupkan kembali daya listrik mobil. Namun bagi Anda yang awam dengan rangkaian listrik  mobil sebaiknya segera hubungi bengkel untuk mengecek kendaraan Anda. 

    Penyebab Kelistrikan Mobil Mati

    Mobil yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa dinyalakan kembali, pasti membuat pengendaranya panik. Kemungkinan besar dikarenakan ada masalah di kelistrikan mobil, yang membuat mobil jadi tidak bisa distarter. Penyebab gangguan pada listrik mobil antara lain bisa karena: 

    • Kabel yang Putus

    Pada mobil terpasang banyak rangkaian kabel untuk menyalurkan daya listrik dari Aki ke komponen mobil lain yang membutuhkan listrik. Bila ada satu kabel saja yang rusak atau terputus, maka hal ini mempengaruhi sistem kelistrikan mobil. Membuat aliran listrik terganggu dan akhirnya mobil bisa mati total. 

    Selain itu kabel rangkaian listrik yang rusak jika dibiarkan bisa cukup membahayakan. Karena kabel yang putus dapat menyebabkan korsleting listrik. Dampak terburuknya adalah memicu kebakaran. Anda pasti sudah cukup sering melihat kasus mobil yang tiba-tiba terbakar karena korsleting listrik.

    • Aki Mengalami Kerusakan

    Jika Anda tidak menemukan kabel yang rusak atau terputus, maka sumber masalahnya bisa dari Aki mobil. Aki merupakan komponen yang memberikan sumber daya listrik untuk komponen-komponen mobil yang lain. Ketika Aki mengalami kerusakan, otomatis bagian lain pada mobil juga akan terpengaruh.

    Salah satu penyebab Aki mobil jadi rusak adalah pemilik kendaraan tidak rutin mengecek jumlah air Aki. Karena bila air Aki sedikit, maka kinerja Aki akan terganggu, yang menyebabkan aliran listrik terhambat. Komponen lain  juga jadi ikut terganggu akibat rendahnya daya listrik yang dihasilkan. 

    • Masalah pada Alternator 

    Terkadang permasalahan listrik pada mobil tidak langsung membuat mobil mati. Anda perlu berhati-hati jika menemukan tanda-tanda seperti, suara mesin lebih berisik dari biasanya, muncul bau seperti terbakar, sinar lampu sorot cenderung meredup, lampu indikator di dashboard menyala, dan muatan listrik terasa berlebihan.