Berita

    5 Fungsi Link Stabilizer Pada Mobil

    Bagi Anda yang hobi membawa mobil dengan kecepatan tinggi, tentu membutuhkan komponen stabilizer link sebagai pelengkap. Komponen satu ini tersedia di bagian ban yang mana berfungsi untuk penyeimbang ban dan kendaraan mobil Anda.

    Stabilizer ban memiliki fungsi yang sangat amat vital bagi sebuah kendaraan. Hal ini akan mempengaruhi suspensi mobil Anda. Tujuannya agar Anda dapat lebih nyaman dan aman ketika mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang cukup tinggi dengan medan yang menantang.

    Sebelum Anda mengetahui fungsi dari link stabilizer, maka Anda juga perlu mengetahui berbagai tipe komponen tersebut. Hal itu agar Anda mengerti sambungan atau link komponen penyeimbang ban kendaraan.

    Tipe-Tipe Stabilizer Link Pada Mobil

    Di dalam pemasangannya, link stabilizer memiliki 4 jenis. Anda dapat mengetahui informasi ini sebagai tambahan ketika Anda membutuhkan pergantian link stabilizer. Tipe-tipe tersebut adalah sebagai berikut:

    • Tipe Bushing
    • Tipe Joint Bushing
    • Tipe Joint Link
    • Tipe Joint Link dan Bushing

    Keempat jenis link stabilizer pada kendaraan tersebut dapat Anda lihat dari kendaraan masing-masing. Alasannya, karena jenis-jenis tersebut disesuaikan dengan kondisi mesin mobil Anda. Anda dapat mulai memeriksa jenis link stabilizer apa yang digunakan oleh mobil pribadi.

    Fungsi Link Stabilizer Pada Mobil

    Jika Anda sudah paham mengenai tipe-tipe adri link stabilizer, maka selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah fungsi dari stabilizer link itu sendiri. Setelah sebelumnya dapat dimengerti bahwa komponen stabilizer ini yang menjadi penghubung antara roda kiri dan kanan.

    Namun, tidak hanya sebagai penyeimbang saja, karena banyak sekali fungsi lain dari komponen penting tersebut. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda dapat menyimak 5 fungsi link stabilizer di bawah ini:

            1. Mobil Jadi Lebih Stabil

    Fungsi dari komponen link stabilizer yang pertama adalah membuat mobil lebih stabil. Hal ini dikarenakan komponen tersebut menjadi penghubung antara ban kanan dan ban kiri. Fungsi ini cukup vital, karena kendaraan roda empat memang wajib memiliki kesimbangan yang sempurna.

            2. Cengkraman Ban Meningkat