Berita

    Featured Image

    Penyebab dan Ciri-Ciri Evaporator AC Bocor

    Kebocoran pada evaporator AC bisa menyebabkan beragam masalah dan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Penting sekali untuk memahami ciri-ciri evaporator AC bocor agar Anda bisa mengenalinya lebih awal. 

    Evaporator itu sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam sistem AC di mobil Anda. Tugasnya adalah mendinginkan udara sebelum akhirnya dikeluarkan dan disebarkan ke dalam area kabin mobil. 

    Ciri-Ciri Evaporator AC Bocor

    Jika terjadi kebocoran pada komponen ini maka fungsi AC jadi tidak optimal. Biasanya kebocoran tersebut akan ditandai dengan beberapa ciri berikut ini. 

    • Muncul Bau Aneh

    Kebocoran pada evaporator AC akan memicu munculnya bau yang aneh. Ini merupakan ciri pertama yang akan muncul saat evaporator AC di mobil Anda bocor. Biasanya akan langsung muncul bau yang aneh seperti bau jamur yang menyengat. 

    Hal ini terjadi karena kebocoran di evaporator akan memicu kelembapan yang cukup tinggi. Pada akhirnya akan tumbuh bakteri dan jamur di bagian tersebut yang baunya menyebar ke seluruh area kabin mobil. 

    • Performa AC Menurun

    Tentunya performa AC di dalam mobil akan menurun jika evaporatornya bocor. AC jadi kurang dingin dan Anda juga pasti merasa kurang nyaman saat berkendara di dalam mobil. 

    • Muncul Kabut di Kaca Mobil

    Tanda lain yang bisa Anda kenali saat evaporator mobil bocor adalah muncul kabut di kaca mobil. Hal ini terjadi karena kebocoran pada evaporator akan meningkatkan kelembapan di area kabin. 

    Jika kelembapan meningkat maka akan terjadi kondensasi berlebihan. Kondisi seperti inilah yang pada akhirnya memicu munculnya kabut kaca di dalam kabin mobil Anda. 

    • Ada Tumpahan Air di Bagian Bawah

    Coba perhatikan di area bawah mobil Anda. Jika ada tumpahan air di sana, maka bisa jadi itu berasal dari evaporator yang bocor. 

    Kebocoran evaporator akan memicu air kondensasi mengalir keluar lewat saluran pembuangan. Aliran air tersebut akan terlihat seperti tumpahan yang ada di bagian bawah atau lantai mobil Anda. 

    Penyebab Kebocoran Evaporator

    Setelah memahami ciri-ciri evaporator AC bocor, mari kenali apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab kebocoran pada evaporator AC. 

    • Korosi

    Faktor pertama yang bisa menyebabkan kebocoran evaporator adalah korosi. Perlu diketahui bahwa komponen utama dari evaporator terbuat dari logam dan bagian tersebut sangat rentan korosi. 

    Korosi yang kecil lama-lama bisa berkembang menjadi besar dan menyebabkan kerusakan berupa retak. Keretakan tersebut nantinya bisa memicu lubang kecil yang akan menyebabkan kebocoran. 

    • Usia Pakai

    Perlu diketahui bahwa seiring lamanya pemakaian, evaporator AC mobil Anda akan mengalami penurunan kualitas. Pada akhirnya evaporator akan bertambah tua dan menjadi aus. Semakin tua usia pakainya maka semakin besar peluang kebocorannya. 

    • Adanya Guncangan

    Getaran dan guncangan berlebih juga bisa menyebabkan kebocoran pada evaporator AC. Hal ini terjadi jika mobil Anda sering melewati jalanan yang ekstrem. Biasanya guncangan tersebut akan memicu retak lalu kebocoran. 

    • Kualitas Refrigeran Buruk

    Faktor lain yang bisa menyebabkan evaporator bocor adalah buruknya kualitas refrigeran. Jika Anda memakai refrigeran yang kualitasnya buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik maka kebocoran evaporator sangatlah mungkin terjadi. 

    Pastikan Anda memahami apa saja ciri-ciri evaporator AC bocor dan penyebabnya tadi agar bisa mengambil langkah pencegahan serta solusi yang tepat. Klik di sini agar Anda bisa mengakses lebih banyak tips dunia otomotif lainnya.