Berita

    Kenali Komponen Gardan Pada Mobil

    Gardan mobil merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri serta kanan di satu poros. Gardan akan berguna saat mobil berbelok. Saat mobil berbelok kiri, roda di bagian belakang kiri mempunyai lintasan yang pendek dibandingkan kanan. 

    Jika putaran yang dilakukan roda kiri sama dengan kanan, akan terdapat slip di bagian roda kiri, karena putaran roda jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan jarak lintasan. Agar dapat mengatasi masalah ini, saat mobil belok ke kiri, roda belakang harus bergerak dengan lebih lambat. 

    Begitu pula ketika mobil berbelok kearah kanan, roda belakang sebelah kanan harus berputar dengan lambat bila dibandingkan dengan roda belakang kiri. 

    Komponen dari Gardan Mobil 

    Gardan mobil tentu saja memiliki berbagai macam komponen agar dapat menunjang fungsinya dengan maksimal. Berikut sejumlah komponen pada gardan, antara lain:

            1. Drive Pinion Gear

    Komponen pertama adalah drive pinion gear. drive pinion gear adalah roda gigi yang memiliki bentuk nanas dengan fungsi sebagai roda gigi pemutar dan menyalurkan tenaga dari poros ke rangkaian gardan. 

    Bentuk gigi yang mirip dengan nanas ini disebut dengan hypoid gear. Bentuk tersebut cocok untuk menyalurkan tenaga dengan efisien serta lembut. 

            2. Drive Pinion Shaft

    Komponen lainnya adalah Drive pinion shaft. Drive pinion shaft merupakan poros roda gigi pinion. Lokasi Drive pinion shaft ini biasanya sudah menyatu dengan pinion gear. Fungsi komponen gardan mobil ini adalah sebagai poros pemutar untuk menyalurkan putaran. 

            3. Ring Gear

    Ring gear merupakan roda gigi yang berukuran besar serta memiliki bentuk seperti cincin. Fungsi dari ring gear adalah menerima putaran yang berasal dari pinion drive gear. 

    Baik ring gear atau pinion drive, keduanya disebut sebagai rangkaian final gear, karena berada di akhir sistem power train. 

            4. Differential Carrier

    Komponen lain dari gardan mobil adalah differential carrier. Differential carrier juga sering disebut dengan differential case. Differential carrier berguna sebagai casing atau rumah untuk peletakan sejumlah komponen gardan. 

    Contohnya saja seperti ring gear yang berfungsi sebagai penerima putaran. Selain itu rangkaian side gear dan spider gear juga diletakkan di komponen differential carrier.