Berita

    Sabuk Pengaman Bukan Pajangan Saja, Simak Fungsinya!

    Ada beberapa jenis fitur penting di dalam mobil yang berpengaruh besar pada keamanan saat berkendara. Salah satunya adalah sabuk pengaman atau safety belt yang wajib untuk digunakan. Fitur ini bahkan bisa memegang andil penting dalam melindungi penumpang ketika terjadi kecelakaan.

    Fungsi Sabuk Pengaman

    Perlu diektahui bahwa safety belt bukanlah sekadar pajangan atau aksesoris di dalam mobil. Alat ini wajib untuk digunakan dan sudah ada aturan yang membahas tentang pemakaian safety belt saat berkendara. Berikut adalah beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh safety belt:

    • Melindungi Bagian Vital Tubuh

    Sabuk ini seringkali dipandang sebagai sabuk biasa padahal fungsinya sangatlah penting. Safety belt akan membantu melindungi bagian-bagian vital dari tubuh Anda. Alat ini akan melindungi kepala dan dada saat terjadi benturan atau guncangan di dalam mobil. 

    Perlu diketahui bahwa area depan tubuh memiliki risiko besar untuk terbentur saat berkendara. Sabuk ini akan melindungi bagian tersebut secara optimal. Jika terjadi guncangan atau benturan keras maka bagian kepala dan dada bisa terlindungi dengan baik. 

    • Menahan Posisi Duduk

    Fungsi berikutnya yang dijalankan oleh safety belt adalah menahan posisi duduk pengguna mobil. Sabuk ini akan mempertahankan Anda dalam posisi yang sama di kursi mobil. Saat terjadi kecelakaan, tubuh Anda tidak akan mudah berpindah apalagi terlempar dari jok mobil. 

    Perlu diketahui bahwa di luar sana telah ada banyak kasus kecelakaan yang menyebabkan tubuh pengendaranya terlempar keluar. Hal ini terjadi karena sabuk pengaman tidak digunakan sebagaimana mestinya. Jika tubuh terlempar keluar maka risiko cedera berat bahkan kematian akan jauh lebih besar. 

    • Memberi Kenyamanan

    Penggunaan sabuk ini juga akan memberi kenyamanan bagi Anda saat berada di dalam mobil. Baik bagi pengendara maupun penumpang, sabuk ini akan meningkatkan rasa nyaman. Pemakaian sabuk akan membuat Anda jadi lebih aman dan tenang saat berkendara karena merasa ada perlindungan. 

    • Menurunkan Risiko Benturan

    Berhubungan dengan poin pertama dan kedua, safety belt ini akan menurunkan risiko benturan saat Anda berkendara. Jika kemudian terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu kecelakaan, maka risiko benturan bisa diminimalkan. Hal ini disebabkan oleh adanya sabuk yang menahan posisi tubuh Anda.