Berita

    Featured Image

    Manfaat Selalu Membersihkan Kolong Mobil

    Kolong mobil menjadi bagian mobil yang sering dan mudah terkena kotor. Pasalnya, kolong mobil berdekatan langsung dengan jalan. Sehingga, membersihkan kolong mobil menjadi hal yang wajib rutin dilakukan.

    Anda tidak hanya akan menemukan debu di kolong mobil. Tetapi ada juga lumpur yang menempel di sela-sela shockbreaker yang jika dibiarkan akan memengaruhi kinerja bagian tersebut.

    Pada artikel kali ini, Anda akan mengetahui berbagai manfaat membersihkan bagian kolong mobil. Ikuti artikelnya sampai akhir!

    5 Manfaat Membersihkan Kolong Mobil

    Mencuci kolong mobil dapat Anda masukkan ke dalam kegiatan rutin yang harus dilakukan. Hal ini karena kebersihan kolong mobil tidak boleh terabaikan.

    Banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika rutin mencuci kolong mobil. Inilah 5 manfaat membersihkan dan mencuci kolong mobil:

    • Umur Mobil Lebih Panjang

    Manfaat pertama yang Anda dapatkan ketika rutin mencuci kolong mobil adalah membantu memperpanjang usia mobil. Hal ini berkaitan dengan munculnya karat pada bagian tertentu yang memengaruhi usia mobil Anda.

    Ketika Anda membersihkan mobil Anda, tentu sela-sela bagian mobil yang tidak terlihat sebelumnya dapat dibersihkan. Hal ini menjadi cara mencegah kerusakan pada sela-sela mobil dan mencegah mobil rusak terlalu dini.

    • Menjaga Performa Bahan Bakar

    Jika kolong-kolong mobil Anda bersih, maka komponen yang ada di dalamnya seperti shockbreaker, kaki-kaki mobil, sasis mobil, knalpot dan lainnya dapat terjaga.

    Komponen mobil yang terjaga dan terawat dengan baik akan selalu bekerja dengan optimal. Apabila hal ini terjadi, maka performa dan efisiensi bahan bakar Anda juga dapat lebih terjaga.

    Artinya, Anda tidak mudah boros bensin karena mesin atau komponen mesin mobil Anda dalam kondisi yang optimal. Tentu hal ini akan menghemat biaya perawatan mobil Anda.

    • Mencegah Komponen Mobil Berkarat

    Manfaat membersihkan kolong mobil selanjutnya adalah mencegah komponen mobil mengalami korosi atau berkarat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika bagian kolong mobil menjadi bagian yang paling mudah kotor.

    Mencegah Komponen Mobil BerkaratFreepik.com

    Apalagi, jika kondisi jalan yang Anda lewati adalah jalan becek atau tergenang air hujan. Tentu partikel kotoran akan langsung menempel pada bagian bawah mobil.

    Partikel kotoran ini yang menyebabkan bagian logam mobil mudah berkarat dan korosi jika tidak rutin dibersihkan. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi, jika Anda berkendara di musim hujan, disarankan lebih sering untuk mencuci bagian kolong mobil.

    • Meningkatkan Keselamatan Berkendara

    Dampak kotoran pada kolong-kolong mobil adalah membuat komponen rusak, karatan dan korosi. Hal ini tentu berdampak pada kinerja mobil Anda dan pada kasus ekstrem akan mengancam keselamatan Anda dalam berkendara.

    Maka, salah satu manfaat penting rutin membersihkan bagian kolong mobil Anda adalah meningkatkan keselamatan berkendara.

    Bayangkan jika Anda mengabaikan kebersihan kolong mobil, komponen di dalamnya seperti rem, suspensi mobil dan lain-lain dapat menurun kinerjanya. Hal tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

    • Menjaga Nilai Estetika Mobil

    Manfaat rutin membersihkan bagian kolong mobil terakhir adalah dapat menjadi cara menjaga nilai estetika mobil Anda. Mobil yang bersih akan meninggalkan kesan estetika yang baik. Mobil lebih terawat dan tetap terlihat bersih.

    Nilai estetika mobil yang terjaga dengan baik dapat bermanfaat ketika suatu saat Anda ingin menjual mobil. Karena mobil yang body luarnya terlihat mengkilap dan terjaga kebersihannya memiliki kesempatan nilai jual tinggi dibandingkan mobil tidak terawat.

    Dari informasi yang sudah dijelaskan, rutin membersihkan kolong mobil karena banyak manfaatnya. Tidak hanya menjaga komponen logam mobil Anda, tetapi juga dapat mempertahankan nilai jual dan estetika mobil.