Berita

    Featured Image

    Kabin Mobil Gampang Berdebu? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

    Kabin mobil berdebu tentunya akan membuat Anda sebagai pengendara merasa tidak nyaman. Apalagi jika debunya cukup banyak dan menumpuk di berbagai bagian interior mobil Anda.

    Kondisi seperti ini sebenarnya sangat sering terjadi dan memang bukan hal yang aneh apalagi jika mobil dipakai berkendara setiap hari. Namun sebaiknya kondisi seperti ini diatasi dengan tepat agar Anda bisa berkendara dengan nyaman di mobil yang bersih.

    Penyebab Kabin Mobil Berdebu

    Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kabin mobil Anda cepat berdebu. Secara umum semua bergantung pada kebiasaan pemakaian Anda sebagai pengendara. Berikut adalah beberapa penyebab kabin mobil cepat berdebu yang sebaiknya Anda hindari.

    • Sirkulasi Udara yang Tidak Lancar

    Hal pertama yang bisa menyebabkan kabin mobil cepat berdebu adalah sirkulasi udara tidak lancar. Mobil Anda juga butuh sirkulasi udara yang baik agar di dalam tidak terasa panas dan tidak mudah berdebu.

    Biasanya kondisi ini terjadi saat AC mobil bermasalah. Pembersihan filter AC juga sebaiknya dilakukan secara rutin karena hal ini memberi pengaruh besar. Jika AC bekerja optimal maka sirkulasi udara di dalam mobil juga pasti akan lebih lancar.

    Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan pemeriksaan AC secara berkala. Tujuannya untuk mengetahui sedini mungkin jika ada kerusakan pada komponen AC.

    • Kesalahan Pemakaian Karpet

    Pemakaian jenis karpet yang tidak tepat juga bisa membuat mobil Anda lebih mudah berdebu. Coba perhatikan karpet dengan bahan seperti apa yang Anda gunakan di mobil. 

    Jenis karpet berbahan kain dan karpet yang berbulu biasanya lebih mudah berdebu. Jika memang ingin menggunakan jenis karpet seperti ini maka lakukanlah pembersihan secara rutin.

    • Kebiasaan Buruk Pengguna Mobil

    Masalah kabin mobil mudah berdebu biasanya dipicu oleh kebiasaan buruk pengguna mobil itu sendiri. Misalnya saja kebiasaan merokok saat berkendara. Jelas sisa rokok akan meninggalkan jejak debu yang membuat kabin mobil jadi kotor.

    Tidak hanya itu, kebiasaan makan camilan di dalam mobil juga berpengaruh. Jadi lebih baik buang kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dan jaga kebersihan mobil sebaik mungkin.

    Jika Anda ingin merokok maka biasakan untuk merokok di luar mobil. Selain itu bawalah camilan atau makanan yang tidak mengotori interior mobil Anda.

    • Sering Membawa Hewan Peliharaan

    Bagi Anda yang sering berkendara sambil membawa hewan peliharaan, pastikan untuk membersihkan mobil secara rutin. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing jelas akan meninggalkan jejak bulu mereka. 

    Sebenarnya tidak masalah jika ingin membawa hewan berkendara. Namun pastikan saja Anda melakukannya dengan tepat. Jaga kebersihan selama hewan peliharaan berada di mobil dan jangan lupa lakukan pembersihan secara rutin. 

    • Tidak Membersihkan Mobil secara Rutin

    Tentunya mobil bisa lebih mudah berdebu jika Anda tidak membersihkannya secara rutin. Pastikan untuk membersihkan eksterior dan interior mobil Anda secara rutin agar debu maupun kotoran tidak menumpuk.

    Banyak juga yang sudah merasa rutin mencuci mobil namun kabinnya masih saja berdebu. Kabin mobil berdebu ini bisa jadi karena Anda kurang optimal membersihkannya. Jangan hanya fokus pada bagian eksterior tapi pembersihan harus detail.