Berita

    Ketahui Cara Perawatan pada Ban Serep Mobil

    Setiap mobil sudah seharusnya memiliki ban serep atau cadangan. Hal ini disebabkan dalam perjalanan ban bisa saja bocor bahkan pecah. Oleh sebab itu, Anda harus merawat ban serep mobil agar tetap dalam kondisi prima dan siap dipakai ketika dibutuhkan.

    Lalu, bagaimana cara merawatnya yang benar? Jika Anda belum tahu, Anda bisa menyimak caranya di bawah ini!

    Cara Merawat Ban Serep Mobil

    Di atas Anda sudah mengetahui pentingnya merawat ban serep. Maka dari itu, mulai sekarang jangan hanya memperhatikan ban utama saja, namun juga ban serep mobil. Anda bisa menggunakan tips di bawah ini untuk merawatnya.

    • Perhatikan Umur Ban

    Apakah Anda ingat kapan Anda membeli ban serep? Jika ingat, maka perhatikan apakah usia ban serep sudah terlalu tua. Hal ini disebabkan standar umur ban yang aman adalah empat tahun sejak tanggal produksi.

    Bila ban serep Anda sudah melewati usia tersebut, maka segeralah ganti ban serep mobil yang Anda miliki. Sekalipun ban serep tersebut jarang dipakai, namun usia tetap mempengaruhi kualitasnya.

    • Perhatikan Tekanan Ban

    Tips merawat ban serep lainnya adalah dengan memperhatikan tekanan ban. Jangan sampai ban serep Anda tidak memiliki tekanan yang cukup saat digunakan sehingga membahayakan Anda.

    Oleh sebab itu, lakukanlah pengecekan tekanan angin ban secara berkala. Jika tekanan angin dirasa kurang, maka jangan menunda untuk segera menambahnya karena ban tersebut bisa dibutuhkan sewaktu-waktu.

    • Bersihkan Ban

    Bukan hanya ban utama saja yang harus dibersihkan, namun juga ban serep mobil sekalipun ia jarang digunakan. Hal ini disebabkan kotoran pada ban serep dapat menyebabkan korosi hingga berkurangnya kualitas.

    Dalam merawat ban serep mobil, gunakanlah pelembab khusus ban dalam membersihkan ban serep sehingga elastisitasnya dapat terjaga. Di samping itu bersihkan juga bagian peleknya agar tidak mudah berkarat.

    • Menyemir Ban Serep

    Selain membersihkan ban serep, Anda juga bisa menyemir ban tersebut dengan bahan khusus. Hal ini dapat membuat ban serep tetap bersih dan elastisitas karet ban pun tetap terjaga.

    Semir ban pun bisa menjadi pelindung bagi karet ban Anda sehingga tetap dalam kondisi prima. Jika perlu, Anda bisa menggunakan cairan anti bocor terhadap ban serep Anda.

    • Rutin Menggunakannya