Berita

    Antisipasi Suhu Panas dengan Melakukan Hal Ini

    Menurut ramalan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu udara untuk beberapa minggu ini masih cenderung tinggi. Suhu panas ini tentu akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Lalu, tindakan antisipasi apa saja yang bisa Anda lakukan? 

    Hal yang Dilakukan saat Suhu Panas

    Berkendara di dalam mobil dalam kondisi suhu tinggi atau cuaca panas tentu akan terasa tidak nyaman. Apalagi jika harus menempuh perjalanan panjang di tengah cuaca yang begitu panas. Berikut ini beberapa tindakan antisipasi yang bisa dilakukan dalam kondisi tersebut:

           1. Pilih Kaca Film Berkualitas

    Cara paling efektif untuk meminimalisir cuaca panas di kabin adalah dengan memilih kaca film berkualitas. Pakailah jenis kaca film yang kualitasnya bagus sehingga penyerapan panasnya optimal. Ini akan mengoptimalkan kerja AC dan membuat kabin lebih dingin. 

    Namun, perhatikan aspek visibilitas saat memilih kaca film untuk mobil Anda. Sangat direkomendasikan untuk tidak memakai kaca film yang terlalu gelap. Pastikan bahwa kaca film tidak akan mengganggu jangkauan pandang terutama saat berkendara di malam hari. 

           2. Cek Sistem AC

    Memang benar jika AC merupakan komponen terpenting yang akan diandalkan saat cuaca sedang panas-panasnya. Sistem pendingin ini akan membantu udara di kabin terasa sejuk dan lebih nyaman. Jadi, lebih baik periksa dulu sistem AC dan performanya sebelum berkendara. 

    Pastikan bahwa AC dalam kondisi bagus dan bisa bekerja optimal. Jika perlu bawalah mobil ke tempat servis AC untuk antisipasi suhu panas secara efektif. Lakukan pembersihan AC dan cek apakah ada komponen di dalamnya yang mengalami kerusakan. 

           3.  Buka Jendela sebelum AC Menyala

    Banyak orang langsung menutup jendela mobil bahkan saat AC belum dinyalakan. Ini adalah tindakan yang salah karena menyebabkan udara panas di kabin tidak keluar. Akibatnya, udara di dalam kabin tetap panas dan AC harus bekerja lebih keras. 

    Lebih baik tutup buka dulu jendela mobil sebelum menyalakan AC. Jika AC dinyalakan maka AC akan bekerja mendorong udara panas keluar dari kabin. Dengan begitu udara di dalam kabin akan kembali normal dan lebih mudah didinginkan. 

    Ingat, jangan terlalu lama membiarkan jendela mobil terbuka. Jika sudah dirasa suhu udara normal, maka langsung tutup saja. Ini dilakukan demi mempermudah kerja AC dalam mendinginkan suhu di dalam kabin.