Berita

    Mengenal Blind Spot pada Mobil

    Tidak mengetahui blind spot atau titik buta mobil bisa berdampak besar terhadap keselamatan Anda di jalan raya. Faktanya, banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi tidak menyadari adanya kendaraan lain atau objek di titik buta mereka.

    Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk memahami di mana saja lokasi titik-titik ini dan bagaimana cara menguranginya!

    5 Lokasi Umum Blind Spot pada Mobil

    Area ini merujuk pada zona di sekitar mobil yang tidak terlihat ketika mengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Berikut lima lokasi umumnya:

    • Sisi Kanan Belakang

    Kaca spion kanan seringkali tidak cukup untuk menangkap seluruh kondisi jalan, terutama jika Anda mengemudi mobil dengan dimensi lebih besar.

    Ini akan menyulitkan Anda ketika hendak berpindah jalur ke kanan atau saat ada kendaraan lain yang hendak menyalip dari sisi ini.

    • Sisi Kiri Belakang

    Meskipun lebih mudah dilihat dibandingkan sisi kanan, area ini juga berpotensi untuk menjadi titik buta berbahaya, terutama saat Anda berpindah jalur ke kiri. Pasalnya, pengemudi lain mungkin berada tepat di titik ini tanpa Anda sadari.

    • Area Depan Kap Mobil

    Jangan abaikan area ini terutama untuk mobil dengan kap yang lebih tinggi atau lebih panjang. Pejalan kaki atau objek lain bisa saja dengan mudah tersembunyi di area ini.

    • Area Belakang Kaca

    Jika Anda memiliki banyak barang di bagasi atau kabin, ini akan menghalangi pandangan sehingga Anda jadi kesulitan untuk melihat kendaraan atau objek yang mendekat dari belakang.

    • Sudut-Sudut Mobil

    Area ini mencakupi bagian di sekitar bumper dan roda. Ini bisa menjadi masalah besar saat Anda parkir atau bergerak di kecepatan rendah, terutama di tempat-tempat yang padat dan ramai. 

    Freepik

    6 Tips untuk Mengurangi Blind Spot pada Mobil

    Terdapat beberapa cara konkret yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko dari area ini. Berikut adalah poin-poin beserta penjelasannya:

    • Menyesuaikan Posisi Kaca Spion

    Kaca spion yang tidak diatur dengan benar bisa memperbesar area titik buta Anda. Cobalah untuk mengatur spion sebelum menyalakan mesin. Atur agar Anda bisa melihat seluruh sisi kendaraan dan sejauh mungkin ke belakang.

    • Memeriksa dengan Menoleh ke Samping atau Belakang Bahu