Berita

    Kenali Gejala Aki Mobil Drop

    Aki pada mobil berfungsi untuk memberikan suplai listrik dalam bentuk kimia sehingga mobil bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika aki mobil drop, maka fungsi tersebut tidak akan berjalan secara optimal. Mari cari tahu seperti apa gejala aki mobil yang mengalami drop sehingga Anda bisa mencari solusi secepatnya!

    Gejala dari Aki Mobil Drop

    Pada dasarnya memang aki memiliki peran penting bagi sebuah mobi. Bahkan bisa dikatakan bahwa aki ini adalah komponen paling penting karena akan memberi daya bagi mobil agar bisa bekerja secara optimal. Agar tidak lambat mencari solusi, mari kenali apa saja gejala aki mobil drop yang penting untuk diketahui:

    • Susah Dinyalakan

    Aki memegang peran penting dalam proses starter mesin. Jika aki dalam kondisi drop maka mesin mobil tidak akan bisa distarter dengan mudah. Ini terjadi karena penghantaran listrik oleh aki terganggu berkat performa aki yang drop.

    Biasanya jika aki mobil Anda mengalami drop, proses menyalakan mesin atau starter jadi jauh lebih sulit. Anda bahkan harus mengulang proses starter dua sampai tiga kali hingga mesin benar-benar menyala. Jika hal ini terjadi, jangan dibiarkan saja karena pada kondisi normal mesin mobil akan mudah untuk dinyalakan. 

    Jika hal ini tidak mendapatkan perhatian dan solusi penanganan yang tepat, maka aki lama-lama bisa soak. Akhirnya terjadi kerusakan yang menyebabkan aki benar-benar tidak berfungsi total. Jika hal ini terjadi maka mesin tidak akan bisa dinyalakan karena aki sudah tidak bisa menghantarkan arus listrik. 

    • Suara Klakson Melemah

    Pada dasarnya saat aki mengalami drop atau penurunan fungsi, maka arus listrik yang dihantarkan juga jadi lebih lemah. Secara logika, arus listrik ke berbagai komponen mobil yang membutuhkan jadi tidak bisa optimal. Misalnya saja arus listrik yang diterima oleh klakson, jadi tidak optimal dan menyebabkan suara klakson melemah. 

    Sebagai pengendara, Anda pasti bisa mengenali dengan mudah apakah suara klakson mengalami perubahan atau tidak. Jika klakson tidak berbunyi sekuat biasanya maka bisa dicurigai aki mobil drop. Coba lakukan pemeriksaan agar klakson tetap bisa berfungsi optimal dan tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara. 

    • Cahaya Lampu Melemah

    Selain klakson, lampu juga menjadi komponen penting dari mobil yang butuh pasokan listrik. Jika aki mobil drop dan aliran listrik berkurang maka lampu tidak bisa memberi penerangan secara optimal. Cahaya lampu secara otomatis akan menjadi lebih redup dari biasanya.