Berita

    Jangan Asal Beli, Ini Kiat Memilih dan Cara Pasang Kaca Film Mobil

    Untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara salah satunya adalah dengan menambahkan kaca film pada mobil. Namun jangan asal beli, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih dan mengerti cara pasang kaca film mobil yang tepat. 

    Kiat Jitu Memilih Kaca Film Mobil

    Fungsi utama dari kaca film mobil adalah melindungi mata dari sorotan matahari sekaligus menjaga privasi. Itu sebabnya tidak bisa asal memilih tanpa pertimbangan yang matang. Kiat jitu agar bisa mendapatkan kaca film mobil sesuai dengan kebutuhan diantaranya adalah: 

    1. Perhatikan Tingkat Kegelapan

    Kiat pertama sebelum membeli kaca film mobil adalah mempertimbangkan tingkat kegelapannya. Jika Anda memilih kaca film mobil yang terlalu gelap, privasi memang lebih terjaga karena tidak bisa dilihat dari luar. 

    Namun, hal tersebut juga berdampak pada risiko gangguan keselamatan karena mempengaruhi jarak pandang ketika mengemudi. Umumnya penjual kaca film lebih menyarankan untuk memasang kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 40%. 

    2. Sesuaikan Budget 

    Kiat kedua adalah disesuaikan dengan budget, selera, domisili, dan jenis mobil. Memilih berdasarkan kualitas memang bisa awet dan mampu menolak panas dengan baik. Namun jika dana terbatas, konsultasikan dengan pihak penjual agar dicarikan solusi yang terbaik. 

    3. Terlihat Terang dari Dalam

    Kiat ketiga adalah memastikan bahwa pandangan pengemudi tetap terlihat terang dari dalam walaupun telah menggunakan kaca film. Dengan demikian, pandangan pengemudi tidak terganggu, terutama pada malam hari 

    4. Sesuaikan dengan Warna Mobil

    Saat akan memilih kaca film mobil, pertimbangkan juga dengan warna kendaraan yang Anda miliki. Pasalnya, warna pada kaca film bisa mempengaruhi estetika karena memilih secara asal bisa membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik atau bahkan terkesan tidak rapi. 

    5. Utamakan Ada Fitur UV 400 

    Ketika akan membeli, sangat disarankan memilih kaca film yang memiliki perlindungan UV 400. Sebab, fitur yang satu ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena bisa menolak sinar matahari hingga mencapai 99%. 

    Tips Memasang Kaca Film Mobil

    Ada bisa memasang kaca film sendiri asalkan tidak dilakukan secara sembarangan. Cara efektif agar kaca film terpasang dengan baik diantaranya adalah: 

    1. Pasang di ruangan tertutup yang bersih.
    2. Lakukan pembersihan menggunakan air sabun secara berulang sampai kondisi kaca bersih saat akan dipasang kaca film. 
    3. Keringkan bagian yang akan dipasang kaca film menggunakan alat penyeka yang terbuat dari bahan karet. 
    4. Cara memasang kaca film harus langsung pada bagian kaca setelah diukur. Proses pengukurannya diawali dengan menyemprotkan air bersih di permukaan kaca mobil, tempelkan, dan semprot kembali dengan air sabun dan potong dengan hati-hati.
    5. Kaca film yang sudah terpotong rapi dipasang setelah permukaan kaca disemprot dengan air sabun. Rapikan dengan cara menekan kaca film menggunakan heat gun dan kartu keras.