Berita

    Jangan Abai! Ini Tips Merawat Mobil Baru agar Tetap Awet

    Mobil baru perlu mendapatkan perawatan intensif untuk memelihara kualitasnya. Apabila Anda belum lama ini membeli mobil, maka mengetahui tips merawat mobil baru akan membantu menjaga performa mobil agar tetap awet untuk jangka waktu yang lama.

    Anda dapat mulai merawat mobil dari menjadwalkan perawatan mobil yang rutin, hingga menggunakan bahan bakar mobil yang sesuai. Untuk tips lebih lengkap, simak artikel ini hingga akhir!

    5 Tips Merawat Mobil Baru agar Tetap Awet

    Tidak mengabaikan perawatan mobil baru adalah tips ampuh untuk memastikan kualitasnya awet, sehingga Anda pun dapat berkendara dengan nyaman karena performa mobil selalu optimal. Berikut tips perawatan mobil baru yang efektif untuk dilakukan:

    • Membersihkan Mobil secara Menyeluruh dan Rutin

    Kebersihan mobil adalah faktor yang mendukung kenyamanan berkendara. Baik itu bodi mobil atau mesin mobil, Anda perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh dan rutin.

    Untuk memudahkan pembersihan, susun jadwal dan buat pengingat agar Anda tidak melewatkannya. Anda bisa memilih ingin cuci mobil sendiri atau membawanya ke tempat cuci mobil.

    Apabila mencuci sendiri, pastikan bahwa mobil bebas dari sampah seperti sisa makanan, lalu kotoran seperti debu dan bercak air. Ini mencegah serangga seperti kecoa, serta hewan seperti tikus, untuk masuk ke mobil.

    • Menyesuaikan Bahan Bakar dengan Jenis Mobil

    Tips kedua untuk memelihara kualitas mesin mobil baru agar tahan lama adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan yang sesuai jenis mobil. 

    Anda bisa membelinya di pom bensin yang kualitas bahan bakarnya premium. Lalu, perhatikan pula kadar oktannya. Bila mobil baru Anda merupakan jenis mesin turbo, maka umumnya bahan bakar harus memiliki kadar oktan 92 agar sesuai standar.

    Informasi spesifikasi bahan bakar dari mesin mobil baru Anda bisa ditemukan pada buku panduan atau manual mobil. Anda pun dapat bertanya pada dealer atau teknisi, yang merupakan ahli di bidangnya.

    • Melakukan Penggantian Oli secara Teratur

    Tips merawat mobil baru berikutnya adalah mengganti oli serta komponen penyaringnya dengan teratur dan berkala. Ini mengingat fungsi oli pada mobil yang vital, mulai dari mendinginkan mesin hingga meredam gesekan komponen mesin satu dengan yang lain.

     

    oli mobil

    Kini, ada fitur indikator kondisi oli mesin yang akan menyala ketika oli sudah harus diganti karena tidak bisa dipakai lagi. Tugas Anda adalah mengganti oli sebelum indikator menyala, sebab ketika indikator menyala artinya Anda telat mengganti oli. Jadi, ikuti rekomendasi penggantian oli pada buku manual mobil Anda agar sesuai dengan standar. Umumnya, bisa berdasarkan jarak tempuh atau pun durasi pemakaian mesin.

    • Melakukan Pengecekan dan Pengisian Radiator

    Radiator berfungsi melakukan pendinginan pada mesin, yang dapat dilakukan melalui coolant di dalamnya. 

    Untuk itu, cek berkala radiator mobil untuk memastikan bahwa jumlah coolant sesuai jumlah aman yang dibutuhkan. Bila berada di bawah jumlah aman, Anda perlu melakukan pengisian coolant agar performa radiator tetap stabil.

    • Melakukan Penggantian Berkala pada Aki

    Aki menjadi sumber listrik yang berfungsi untuk menggerakkan mobil. Selain itu, aki dapat menyimpan listrik dari berbagai komponen elektrik pada mobil seperti lampu hingga sistem audio.

    Sejalan dengan masa pakai mobil, aki akan berkurang kemampuannya dalam menyimpan listrik. Jadi, Anda perlu melakukan penggantian pada aki mobil yang umumnya perlu diganti ketika sudah terpakai untuk dua atau tiga tahun.

    Demikian lima tips merawat mobil baru yang perlu Anda perhatikan untuk menjamin performa mobil tetap stabil dan optimal. Mulai dari membersihkan mobil hingga mengganti aki, Anda perlu menerapkannya secara teratur.