Berita

    Featured Image

    Takut Membebani Mobil? Ini Cara Aman Melewati Tanjakan

    Tips melewati tanjakan penting untuk dipahami agar tidak membebani mobil Anda dan berujung menjadi masalah. Hal ini seringkali menjadi sebuah kekhawatiran terutama ketika mobil Anda melewati medan yang ekstrim.

    Agar melewati jalan tanjakan dengan aman, penting untuk selalu mengecek kondisi mobil Anda sebelum digunakan. Begitu pun saat mobil berada di jalan yang curam, pastikan Anda menerapkan beberapa tips di bawah ini.

    Tips Melewati Tanjakan pada Mobil

    Saat melewati tanjakan, pastikan Anda menerapkan beberapa poin penting pada saat mengendarai mobil. Apa saja itu?

    • Persiapkan Kendaraan

    Langkah pertama, tentu adalah mempersiapkan kendaraan meliputi pemeriksaannya. Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik meliputi tekanan ban, oli mesin, dan lainnya masih berfungsi dengan baik.

    • Cek Performa Mobil

    Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk berkendara di medan yang cukup sulit seperti perbukitan adalah memastikan mobil Anda dalam kondisi  prima. Mobil yang tidak dalam kondisi terbaik bisa saja mogok di tanjakan menanjak karena mesinnya tidak bekerja maksimal. Oleh karena itu, rawatlah mobil anda secara rutin agar permasalahan tersebut dapat teratasi secepatnya.

    • Kurangi Muatan

    kurangi muatanFreepik.com

    Di jalan dengan kondisi yang ekstrim, mengurangi bobot muatan sebanyak mungkin akan membantu mobil lebih mudah untuk melaju dan menanjak. Tips ini tetu bisa berguna saat melintasi jalan-jalan berbahaya terlebih jika mobil Anda merasa kelebihan beban.

    • Matikan AC 

    Mematikan AC saat mobil menanjak dapat membantu  memaksimalkan performa kendaraan lebih optimal. Dengan mematikan AC, ini memungkinkan tenaga mesin terkonsentrasi di area penggerak roda. Sehingga tenaga mesin tidak diubah menjadi arus bolak-balik dan hanya digunakan untuk mengendalikan kecepatan kendaraan saat melaju di tanjakan.

    • Gunakan Gigi Rendah

    Turunkan transis gigi Anda secara berkala sebelum berkendara menanjak. Saat menanjak, gigi yang lebih rendah memberikan tenaga dan torsi yang lebih besar pada mesin. Untuk mendapatkan momentum yang tepat saat berkendara menanjak, turunkan gigi secara rutin.

    • Perhatikan Teknik Mengemudi

    Pada penggunaan mobil manual, biasanya pengendara menggunakan teknik setengah kopling. Teknik ini sebaiknya dihindari karena akan mengganggu kinerja kopling dan menyebabkan keausan lapisan lebih cepat. Sebaiknya, gunakan gigi 1 atau 2 saat menanjak, kemudian terus tekan kopling dan pedal gas dari waktu ke waktu.

    • Manfaatkan Rem Tangan

    Tips melewati tanjakan selanjutnya adalah dengan menggunakan rem tangan untuk menghindari risiko kendaraan terguling ke belakang saat Anda melepas pedal. Oleh karena itu,  rem tangan perlu diterapkan saat berkendara menanjak sehingga mampu menjaga kecepatan mobil tetap seimbang.

    • Jaga Jarak

    Saat melewati jalanan yang menanjak, pastikan  menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan  di depan dengan jarak ideal sekitar 2-3 meter. Hal ini memungkinkan untuk  meningkatkan keselamatan saat berkendara di jalan menanjak. Tips ini juga dapat menghindari Anda terjebak di belakang kendaraan yang lebih lambat atau sedang mendapat masalah.

    Demikian informasi tentang tips melewati tanjakan yang bisa Anda terapkan saat melintasi medan jalan yang cukup ekstrim. Dengan mengetahui tips ini, tentu mobil Anda tidak akan terbebani sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.