Berita

    Featured Image

    Jenis-Jenis Bengkel Mobil dan Spesialisasinya

    Berkunjung ke bengkel mobil bukan hal yang asing bagi setiap pemilik kendaraan. Bengkel merupakan tempat untuk memperbaiki dan servis mobil. Di dunia otomotif, bengkel kendaraan banyak jenis variasinya dan masing-masing memiliki spesialisasinya.

    Banyaknya variasi bengkel kendaraan memungkinan untuk mekanik memiliki pengetahuan yang lebih spesifik tentang komponen dan sistem mobil. Terlebih lagi sekarang juga banyak variasi mobil yang diproduksi.

    Nah, agar Anda lebih paham tentang berbagai jenis bengkel serta spesialisasinya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

    4 Jenis Bengkel Mobil Lengkap dengan Spesialisasinya!

    Keberadaan jenis bengkel bertujuan untuk mengoptimalkan layanan servis mobil sesuai dengan kondisi mobil masing-masing. Jenis bengkel yang berbeda-beda dan menyesuaikan spesialisasinya dapat lebih optimal untuk memperbaiki masalah mobil.

    Lalu, apa saja jenis-jenis bengkel yang perlu Anda ketahui? Berikut ini jawaban beserta ulasan lengkapnya.

    • Bengkel Modifikasi

    Jenis bengkel yang pertama adalah bengkel modifikasi, yang mana ditujukan untuk perbaikan atau modifikasi mobil tertentu. Misalnya, Anda ingin memodifikasi mobil menjadi mobil sport modifikasi, maka bengkel pilihan tepat adalah jenis bengkel modifikasi ini.

    Keunggulan dari jenis bengkel satu ini adalah jasa yang ditawarkan menyesuaikan preferensi dan keinginan pemilik mobil. Maka dari itu, bengkel modifikasi juga bisa disebut bengkel spesialis body atau restorasi.

    • Bengkel Spesialis

    Selain bengkel kendaraan umum, bengkel spesialis juga banyak dikunjungi oleh pemilik mobil. Bengkel spesialis biasanya hanya melayani jenis mobil sesuai dengan merek mobil. Anda bisa melakukan perawatan atau perbaikan dengan teknisi khusus.

    Bengkel spesialis memiliki keunggulan lainnya, yaitu suku cadang yang lebih orisinal. Salah satu contoh bengkel spesialis adalah bengkel resmi Suzuki.

    • Bengkel Kendaraan Rusak

    Bengkel kendaraan rusak berbeda dengan bengkel mobil pada umumnya. Bengkel kendaraan yang mengatasi kerusakan tertentu juga tidak kalah ramai dibandingkan bengkel umum.

    Karena bengkel jenis ini melayani permasalahan mobil secara lebih spesifik lagi. Misalnya, Anda yang punya masalah AC, audio, pintu mobil, dan sejenisnya, akan segera diatasi oleh mekanik bengkel jenis ini.

    Jadi, tentunya jika penanganan lebih spesifik maka hasil perbaikan dan perawatannya juga lebih terfokus dan optimal. Apakah Anda pernah mengunjungi bengkel kendaraan jenis ini?

    • Bengkel Spesialis Mobil Balap/Offroad

    Terakhir, ada jenis bengkel spesialis mobil balap atau mobil offroad. Banyaknya peminat mobil balap membuat bengkel jenis ini semakin menjamur keberadaannya di Indonesia. Karena mobil balap biasanya membutuhkan perawatan khusus dan ekstra.

    Maka, jika Anda memiliki mobil jenis offroad  sebaiknya ketika melakukan perawatan rutin atau perbaikan, langsung saja membawanya ke bengkel spesialis offroad. Tujuannya agar kinerja mobil tetap terjaga.