Berita

    Featured Image

    Cara Membersihkan Reflektor Lampu Mobil

    Lampu mobil merupakan salah satu komponen yang harus selalu dijaga performanya. Pasalnya, lampu menjadi sumber penerangan kendaraan yang dapat membantu Anda selama berkendara, terutama saat malam hari.

    Seiring berjalannya waktu, reflektor lampu kendaraan bisa menguning. Hal ini bisa disebabkan oleh panas dari bohlam lampu. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena usia pemakaian yang sudah cukup lama. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

    Cara Mudah Membersihkan Reflektor Lampu Mobil Agar Kinclong Kembali

    Tampilan reflektor yang sudah menguning tidak hanya memengaruhi performa lampu, tetapi juga membuat tampilan mobil tampak kusam. Nah, berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkannya:

    • Lepaskan Lampu Terlebih Dahulu

    Untuk membersihkan reflektor lampu yang sudah kusam, Anda bisa mulai dengan melepaskan lampu terlebih dahulu. Untuk melepas headlamp, Anda harus menggunakan hair dryer dengan daya sekurang-kurangnya 500 watt.

    Jika tidak memiliki hairdryer, Anda bisa menggantinya dengan air panas. Kedua alat dan bahan tersebut dapat membantu Anda untuk melepas reflektor dari batoknya dengan mudah. 

    Tempatkan hairdryer pada sambungan batok lampu, atau bisa juga dengan merendam reflektor dan batok sekitar 10 menit. Tujuannya yaitu untuk melunakkan lem agar lebih mudah untuk dilepaskan. 

    Bila lem tersebut sudah meleleh, Anda bisa langsung melepas lampunya menggunakan obeng.

    • Bersihkan Kaca dan Reflektor

    Bila lampu kendaraan sudah terlepas, Anda bisa mengelap reflektor menggunakan kain basah dengan perlahan. Tujuannya agar tidak menyebabkan baret atau goresan pada permukaan reflektor. 

    Sementara itu, kaca lampu bisa Anda bersihkan dengan menggunakan busa dari air sabun menggunakan spons atau kain yang lembut. 

    Selama membersihkan reflektor, cobalah sambil perhatikan apakah ada kerusakan yang harus diperbaiki. Bila ditemukan kerusakan, Anda bisa memperbaikinya dengan aluminium foil. 

    Cara ini sudah cukup banyak dilakukan oleh para pemilik mobil. Terlebih jika Anda memiliki budget yang minim untuk perbaikan reflektor dengan yang baru. 

    Caranya sangat mudah, yaitu tinggal gunting lalu pasang aluminium foil sesuai ukuran yang dibutuhkan. Pastikan ukurannya pas agar hasilnya lebih rapi setelah dipasang.

    • Bersihkan Mika Headlamp

    Untuk mendapat hasil yang maksimal, sebaiknya Anda juga membersihkan mika headlamp. Untuk membersihkan headlamp, ada dua cara yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan cairan pembersih atau menggunakan kompon. 

    Bila menggunakan cairan pembersih, Anda cukup mengoleskannya pada mika headlamp lalu lap dengan kain lembut hingga headlamp berkilau kembali. Sementara itu, bila menggunakan kompon, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

    • Bersihkan permukaan kaca terlebih dahulu;

    • Oleskan kompon pada permukaan tersebut saat masih basah;

    • Pakai amplas 600 dan spons yang sudah dicelupkan pada sabun. Usapkan dengan merata dan mendatar di area kaca headlamp;

    • Lanjutkan dengan amplas 1200, lalu amplas 2000, dan terakhir dengan amplas 2500. Tujuannya yaitu untuk menyamarkan dan menghilangkan goresan;

    • Oleskan kompon plastik secara merata pada headlamp, biarkan beberapa waktu;

    • Usap kembali menggunakan air sabun agar sisa kompon hilang.

    • Biarkan Reflektor Mengering

    Setelah reflektor selesai dibersihkan, selanjutnya biarkan permukaannya hingga benar-benar kering. Selanjutnya, Anda bisa memasang kembali reflektor lampu mobil tersebut dan headlamp-nya. 

    Caranya yaitu sambungkan kembali batok yang sudah dilepas tadi dengan lampu kendaraan. Gunakan kembali hairdryer agar hasilnya melekat sempurna.