Berita

    Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil dengan Benar

    Kaca mobil rawan sekali kotor dan buram apalagi saat musim hujan. Tentunya kondisi seperti ini sangat mengganggu kenyamanan selama berkendara. Ditambah lagi kaca yang kotor biasanya juga akan diiringi dengan munculnya jamur. 

    Sebelum kotoran dan noda pada kaca jadi membandel lalu sulit dibersihkan, Anda sebaiknya mulai bertindak. Mari cari tahu seperti apa cara membersihkan dan merawat kaca kendaraan Anda dengan tepat!

    Penyebab Kaca Mobil Kotor

    Jika mobil Anda sering digunakan atau paling tidak rutin dipakai setiap hari, maka bagian kacanya pasti kotor. Kotoran pada kaca muncul karena debu yang menempel selama Anda berkendara. 

    Selain debu, kotoran tersebut juga bisa muncul karena adanya bekas air hujan. Jika mobil melaju di tengah hujan, maka bekas air hujan yang mengering akan berubah menjadi noda di bagian kaca. 

    Kotoran yang menempel cukup lama dan membandel ini bisa memicu munculnya jamur. Semakin lama kotoran tersebut akan semakin mudah untuk dibersihkan dan membuat kaca jadi tambah buram. 

    Apa jadinya jika kaca pada mobil Anda buram? Mobil Anda jadi terlihat kotor dan hal ini sangat mengganggu penampilan. Selain itu Anda juga tidak bisa melihat ke arah jalan atau luar mobil dengan jelas saat berkendara. 

    Cara Membersihkan dan Merawat

    Pastikan Anda selalu membersihkan dan merawat kaca mobil dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi memelihara kaca agar selalu bersih dan bebas kotoran membandel:

    • Selalu Bersihkan Kaca

    Tentu saja Anda harus selalu membersihkan kaca secara rutin. Apalagi jika Anda berkendara dengan mobil hampir setiap hari, usahakan untuk selalu mengelap kaca agar kotoran dan debu tidak menumpuk. 

    Membersihkan kaca pada mobil sebenarnya sangat mudah. Anda bisa memakai lap bersih yang halus untuk menghilangkan noda dan debu. Pastikan lap dalam kondisi bersih agar tidak menggores bagian kaca. 

    Supaya hasilnya lebih optimal, Anda juga bisa memakai cairan pembersih kaca khusus. Biasanya produk cairan seperti ini bisa mempermudah Anda untuk mengangkat semua noda dan kotoran di kaca secara efektif. 

    • Pakailah Kaca Film

    Sangat disarankan untuk memasang kaca film demi mencegah munculnya goresan. Kaca film terbukti efektif mencegah goresan bahkan goresan kecil dari debu-debu sekalipun.