Berita

    Featured Image

    Apa itu Jasa Inspector Mobil? dan Cara Kerjanya

    Saat akan membeli mobil, biasanya orang akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu membeli mobil baru atau mobil bekas. Anda bisa menggunakan jasa inspector mobil untuk membantu Anda memilih mobil bekas yang tepat. Lalu, apa itu inspector mobil

    Mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapat mobil bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Namun Anda perlu memilih mobil bekas yang tepat supaya Anda tidak rugi karena mendapat mobil bekas yang berkualitas buruk. 

    Apa itu Inspector Mobil?

    Sebelum memutuskan untuk membeli suatu mobil bekas, tentu Anda perlu melakukan inspeksi kendaraan untuk memastikan jika mobil bekas yang akan Anda beli dalam kondisi baik, layak dibeli, dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. 

    Lalu, apa itu inspeksi kendaraan? Inspeksi kendaraan adalah proses memeriksa seluruh kondisi kendaraan mulai dari bagian eksterior, bagian interior, mesin sampai dokumen atau sertifikat kendaraan. 

    Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan inspeksi mobil bekas dengan baik. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa inspector mobil untuk membantu mengecek kondisi mobil bekas yang akan Anda beli dan membantu Anda dalam membuat keputusan. 

    Apa itu inspector mobil? Inspector mobil sendiri adalah tenaga profesional yang memberikan jasa pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh. 

    Setelah pemeriksaan, Anda akan diberi laporan mengenai kondisi, kerusakan, kinerja, perkiraan pemeliharaan, penggantian, dan perbaikan mobil.

    Tugas dan Proses Kerja

    Selain mengenal apa itu inspector mobil, Anda harus tahu bahwa ada banyak sekali tugas penting mereka. Di bawah ini adalah beberapa daftarnya:

    • Memeriksa Kondisi Mobil secara Menyeluruh

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, tugas inspector mobil adalah memeriksa kondisi dan kinerja mobil secara keseluruhan serta memastikan jika kendaraan tersebut bekerja dengan baik dan layak dipakai. 

    Lalu, bagian mobil mana saja yang akan diperiksa oleh inspector mobil? Bagian mobil yang akan diperiksa biasanya meliputi bagian eksterior seperti cat, lampu, ban, velg, bumper, under, kap, wiper, sampai kaca.

    Kemudian bagian interior mobil seperti jok, dashboard, AC, indikator panel, setir, langit-langit mobil, audio, sampai persnelling. Kemudian juga bagian mesin atau sistem pembakaran, sistem pembuangan, rem, radiator, baterai, alternator, sampai oli. 

    Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kualitas suku cadang yang digunakan pada mobil bekas apakah palsu atau suku cadang asli. 

    • Mendeteksi Kerusakan

    Kemudian inspector juga akan menguji kinerja mobil untuk mengetahui apakah mobil layak dioperasikan atau tidak.

    Mendeteksi KerusakanFreepik.com

    Proses pengujian kinerja mobil biasanya juga dilakukan untuk mendeteksi adanya kerusakan atau masalah pada komponen kendaraan. Dari pemeriksaan tersebut, inspector akan menyarankan perbaikan atau penggantian suku cadang. 

    • Memastikan Keamanan Mobil

    Selain memeriksa kerusakan komponen mobil, inspector juga akan melakukan pengecekan untuk memastikan keamanan kendaraan. Pengecekan tersebut biasanya meliputi uji lab seperti uji emisi atau kabut asap. 

    Kemudian juga pemeriksaan terkait administrasi seperti keberadaan STNK, plat nomor kendaraan, dan sertifikat kendaraan penting lainnya. 

    • Memastikan Nilai Jual Mobil

    Terakhir, inspector juga akan membuat pertimbangan apakah nilai jual yang ditawarkan oleh penjual mobil sesuai atau tidak dengan kualitas mobil. 

    Terkadang ada penjual yang memasang harga tinggi untuk mobil yang memiliki banyak kerusakan mulai dari kerusakan karena kebanjiran atau kecelakaan.

    Dengan adanya data pemeriksaan yang jelas tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan negosiasi harga mobil.

    Jadi, apa itu inspector mobil? Inspector mobil adalah tenaga profesional yang memberikan jasa pemeriksaan mobil secara menyeluruh. Adanya jasa ini akan memudahkan Anda dalam membeli mobil bekas berkualitas.