Berita

    3 Simak Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

    Apa saja penyebab ban tubeless sering kempes? Ban tubeless sering disebut ban yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan ban lainnya. Saat ban tertusuk paku atau benda tajam lainnya, ban tidak akan cepat bocor karena ketangguhannya.

    Namun, terkadang ban tubeless bisa kempes sendiri. Kalau sudah begini, Anda pasti jengkel apalagi saat Anda harus buru-buru. Beberapa faktor penyebab ban tubeless bisa sering kempes sendiri akan dipaparkan di bawah ini.  

    Karakter Ban Tubeless

    Di dunia otomotif, ada dua jenis ban yang banyak digunakan, yakni ban tubeless dan ban biasa. Ban tubeless dirancang tanpa menggunakan ban dalam dan relatif lebih aman dari kebocoran. Selain itu, karakternya lebih kokoh dan lebih tahan lama.

    Ban tubeless menggunakan material karet fiber yang mampu menyerap getaran. Selain itu, daya cengkramnya lebih baik dibandingkan ban biasa.

    Beberapa Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

    Meskipun ban tubeless disebut-sebut lebih kuat dan anti bocor, ada banyak faktor yang menyebabkan ban mengalami kempes, di antaranya adalah sebagai berikut.

            1. Pentil Motor Kendor

    Jika Anda mendapati ban bocor, coba periksa pentil bannya. Bisa jadi kebocoran terjadi karena pentil ban kendor sehingga udara di dalam ban keluar dan membuat ban kurang angin. 

    Maka dari itu, selalu pastikan pentil ban tertutup rapat setiap kali Anda hendak menggunakan kendaraan.

            2. Mengalami Bocor Halus

    Ban tubeless kerap disebut sebagai ban anti bocor. Tapi ada kondisi tertentu di mana ban tiba-tiba kempes, yakni kebocoran halus. Hal ini terjadi saat motor melindas permukaan yang tidak rata, lalu tertancap batu kerikil atau sesuatu yang tajam.

    Ban akan berlubang dan udara di dalamnya sedikit demi sedikit keluar. Bocor halus biasanya ditemukan setelah 1-2 hari saat ban melindas benda tajam, sebab keluarnya gas dari ban tidak berlangsung dengan cepat.

            3. Ada Masalah Pada Velg

    Velg bisa menjadi penyebab ban tubeless sering kempes, apalagi saat velg sudah karatan dan peyang. Velg dengan kondisi seperti ini menyebabkan dudukan ban tidak menempel dengan rapat sehingga udara tidak terisolasi dengan baik.

    Velg menjadi peyang karena banyak hal, di antaranya adalah sering ngebut sehingga saat ada lubang, ban terpaksa menghantamnya.

            4. Benda Tajam Menempel Pada Ban