Berita

    Simak Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

    Ketika lampu indikator mobil menyala secara terus menerus, hal ini berarti menandakan terdapat masalah di mobil yang kita gunakan. Umumnya, lampu indikator yang berada di dashboard mobil hanya menyala kemudian langsung mati saat kunci diputar di posisi on. 

    Lampu yang terus menyala menunjukkan sejumlah pertanda seperti tekanan oli, suhu, dan yang lainnya. Mobil sendiri menjadi salah satu moda transportasi yang banyak dijadikan sebagai pilihan masyarakat Indonesia. 

    Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Secara Terus Menerus

    Saat memiliki sebuah barang, kita harus mengetahui langkah merawatnya. Lebih-lebih barang tersebut merupakan barang kesayangan. Hal ini juga berlaku untuk kendaraan roda 4. Anda harus mengetahui seperti apa langkah perawatannya yang tepat. 

    Bukan hanya itu, Anda juga harus mengetahui apa permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan ini. Salah satu masalah yang harus diketahui adalah saat indikator di dashboard menyala terus. Berikut berbagai penyebab lampu indikator mobil menyala terus menerus, antara lain:

            1. Lampu Indikator ABS Menyala

    Ketika lampu indikator ABS atau Anti Lock Braking System menyala, dapat dipastikan jika ABS mengalami kerusakan, atau terdapat hal yang keliru pada ABS mobil Anda. 

    Bila lampu ABS menyala, pastikan segera membawa kendaraan ke bengkel agar menghindari hal yang tidak diinginkan. 

            2. Indikator Engine Check Menyala

    Lampu lain yang biasanya menyala ketika terjadi kerusakan pada mobil adalah indikator engine check. Sebenarnya, bila lampu indikator engine check ini menyala, hal tersebut menunjukkan terdapat kerusakan di mesin atau ada komponen yang tidak berfungsi di dalam mesin. 

    Saat indikator ini menyala, Anda dapat mengeceknya terlebih dulu apakah terdapat kerusakan atau malfungsi di mesin mobil, agar tidak ada kerusakan yang semakin parah. 

            3. Indikator Airbag

    Umumnya, airbag ini muncul untuk jenis mobil baru. Bila lampu indikator ini menyala secara terus menerus, hal ini menunjukkan ada yang tidak beres. Komponen airbag ini erat kaitannya dengan sistem keselamatan mobil. 

    Oleh sebab itu, pastikan Anda menangani masalah ini dengan baik, sehingga tidak menjalar ke komponen lain. 

            4. Indikator Oli Menyala

    Penyebab lampu indikator mobil menyala yang lainnya adalah indikator oli. Umumnya, bila keberadaan oli di mesin mobil sudah habis, lampu indikatornya akan terus menerus menyala. Hal tersebut dapat diatasi dengan segera mengganti oli mesin dengan yang baru.