Berita

    Simak Penyebab Indikator Airbag Menyala Sendiri

    Airbag memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi saat terjadi kecelakaan mobil. Komponen ini memiliki indikator sebagai tanda saat sedang menyala atau mati. Letaknya indikator airbag ada di speedometer mobil.

    Jika hanya ditilik dari nama, sejatinya lampu indikator akan menyala jika mobil mengalami tabrakan dan airbag menjalankan fungsinya. Namun di beberapa kesempatan, sebenarnya indikator ini bisa tiba-tiba menyala jika terjadi masalah. Apa itu?

    4 Faktor Indikator Airbag Tiba-tiba Menyala

    Sistem kerja airbag mobil adalah dengan mendeteksi sensor. Saat terjadi tabrakan, maka sensor mobil ini akan mengirimkan sinyal untuk airbag bisa mengembang. 

    Nah saat sensor ini mengirimkan sinyal, lampu indikator juga hidup. Namun selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa menghidupkan lampu indikator pada airbag. Seperti:

            1. Terdapat Masalah pada Lampu

    Airbag tergabung dalam sistem pengamanan mobil. Ia tak sendirian, karena ada sabuk pengaman hingga sensor keselamatan di dalamnya.

    Umumnya lampu menyala jika kantong udara akan mengembang untuk menyelamatkan pengendara. Namun pada beberapa hal, menyalanya lampu indikator karena ada gangguan pada sistem pengamanan mobil. Baik gangguan pada sensor, sabuk pengaman atau bahkan airbag itu sendiri.

            2. Saklar Sabuk Pengaman Bermasalah

    Pada sabuk pengaman, terdapat saklar yang bisa mendeteksi seat belt telah terpasang sempurna atau belum. Nah, apabila tiba-tiba lampu indikator menyala saat Anda belum berkendara, bisa jadi ada gangguan pada sabuk pengaman.

    Gangguan itu bermacam-macam. Di antaranya kotoran atau benda asing yang mengganjal kinerja saklar. Sehingga komponen ini tidak bisa memeriksa apakah sabuk pengaman sudah terpasang dengan benar.

    Anda bisa langsung memeriksa pada sabuk pengaman. Apakah pada bagian saklar ada kotoran atau benda asing? Kalau ada, segera singkirkan.

            3. Masalah pada Kabel Clock Spring

    Clock spring merupakan komponen pada mobil, yang berfungsi untuk menghubungkan unit sistem airbag dengan driver module yang ada di roda kemudi. Penghubung ini terletak di belakang kemudi mobil.

    Indikator mobil yang tiba-tiba menyala bisa saja disebabkan karena masalah pada perkabelan clock spring. Biasanya sempat ada pembongkaran pada kemudi, lalu salah pasang kabel.

    Anda bisa mengatasinya dengan membongkar kembali kabel clock spring ini. Supaya lampu indikator tidak menyala tanpa sebab lagi.