Berita

    Wajib Tahu! Perbedaan Spion Electric dan Retrac

    Sekarang, berkat teknologi muncul berbagai inovasi. Salah satunya adalah kehadiran spion electric dan retrac. Kedua spion ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya dan masih sedikit yang benar-benar paham terkait perbedaannya. Kalau dilihat dari tampilan yang ada, keduanya hampir sama dan sepintas tidak ada perbedaan yang mencolok. 

     

    Fungsi dari spion itu memang sangat penting dan menjadi bagian yang krusial pada mobil karena kebutuhannya sangat banyak. Tanpa adanya kaca spion pada mobil Anda, akan membuat perjalanan terasa kurang aman. Selain itu, spion juga memudahkan untuk berpindah jalur, pindah posisi ke kanan atau ke kiri, dan beri kesan indah pada mobil. 

     

    Jika dalam fungsinya hampir sama, lantas apa perbedaan dari spion electri dan retrac tersebut? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini. 

     

    Perbedaan Spion Electric dan Retrac

     

    Mungkin masih banyak beberapa orang yang bingung terkait kedua spion tersebut. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun dari segi definisi dan lainnya tentu ada banyak perbedaan. Yuk, kita ulas. 

     

    1. Berdasarkan Definisinya

    Untuk spion electric memberikan sudut pandang penglihatan yang lebih luas, sehingga membuat pandangan akan jadi jelas.

    Sedangkan, untuk pengguna spion retrac sendiri proses pengoperasiannya menggunakan tombol yang bisa diatur secara langsung dari dalam mobil.

     

    Pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan yang jelas, namun untuk penggunaannya sendiri fungsi dan tujuannya tetap sama yaitu sama-sama bisa melihat mobil dibelakang dan memudahkan dalam berpindah jalur. 

     

    2. Melihat Fungsi dan Kemudahannya

    Jika Anda menggunakan spion electric, maka proses untuk mengatur dan menyesuaikan sudutnya akan jauh lebih mudah karena tanpa adanya proses manual. Keuntungannya yang bisa Anda dapatkan adalah mengatur spion akan jauh lebih cepat dan terhindar dari berbagai resiko yang membahayakan. 

     

    Lalu, spion retract akan memudahkan Anda ketika melewati jalanan yang sempit dan ingin parkir ditempat umum karena semua prosesnya bisa dilakukan dari dalam kabin dengan menekan tombol yang tersedia. Dalam kebutuhannya, kedua spion tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

     

    3. Jumlah Tombol yang Tersedia

    Jika Anda menggunakan spion electric, tombolnya sendiri ada 4 arah yaitu kanan kiri atas bawah. Bahkan, ada beberapa juga yang menggunakan tombol switch yang bisa menggerakan kaca spion ke empat arah yang berbeda. Sedangkan, jika Anda menggunakan spion retract, maka fungsi tombolnya hanya untuk membuka dan menutup aja, bisa juga dengan menggunakan remot. 

     

    Perlu diperhatikan, menggunakan spion retract itu sendiri harus membuka dan menutupnya dengan menggunakan tombol tersebut dan tidak boleh dilakukan secara manual karena akan merusaknya. 

     

    4. Kelebihan dan Kekurangan Spion Electric sama retrac

    Ada banyak kelebihan jika Anda menggunakan kedua spion tersebut. Hal yang paling dirasakan adalah proses mengatur spion yang mudah, membuka dan melipat yang praktis, tampilan mobil yang terlihat keren, dan memberikan rasa aman ketika sedang berada dalam kondisi darurat. 

     

    Kekurangannya sendiri, kedua jenis spion tersebut menggunakan mekanisme motor. Dampaknya, apabila ada permasalahan pada motor atau mesinnya membuat spion tidak bisa disesuaikan atau digerakan. Penyebab kerusakannya sendiri ada banyak faktor, mulai dari saklar yang tidak berfungsi dan lainnya.