Berita

    Manfaat Menggunakan Oli Asli dan Resmi

    Oli merupakan salah satu komponen kendaraan yang harus diganti secara berkala. Dalam melakukan penggantian ini, tentu perlu untuk mengetahui manfaat menggunakan oli asli dan resmi agar menjaga kendaraan Anda tetap bekerja dengan optimal.

    Seperti yang diketahui, tidak semua jenis dan merek oli yang ada di pasaran memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan oli yang asli dan berkualitas dari pabrik bawaan!

    6 Manfaat Menggunakan Oli Asli untuk Kendaraan

    Menggunakan oli abal-abal tentu sangat beresiko yang bisa mengurangi kualitas performa kendaraan Anda. Berikut ketahui manfaat dari penggunaan oli asli yang resmi dan berkualitas:

    • Kualitas Terjamin

    Oli dari distributor asli dan resmi telah melalui uji kelayakan serta pengujian yang ketat dengan proses cukup panjang. Proses produksinya pun menggunakan standar kualitas yang tinggi dan sudah melewati proses quality control yang ketat.

    Produk asli ini tentunya dirancang secara khusus agar kebutuhan mesin kendaraan terpenuhi dengan baik. Dengan membeli produk asli, tentu kualitasnya akan lebih terjamin dibandingkan dengan merek abal-abal.

    • Suku Cadang Asli

    Menggunakan oli asli bisa memberi kepastian bahwa Anda memakai onderdil orisinal sesuai rekomendasi pabrikan. Hal ini sangat penting sehingga dapat menjaga kinerja kendaraan Anda tetap andal.

    Kualitas oli resmi dirancang sedemikian rupa sehingga mampu bekerja dengan baik untuk memenuhi kebutuhan komponen mesin mobil Anda. 

    Selain dapat memaksimalkan performa mesin, ini juga dapat memperpanjang usia penggunaan mesin kendaraan.

    • Pelumas yang Efektif

    Fungsi utama oli adalah untuk memberikan pelumasan pada bagian komponen mesin mobil agar pergerakannya lancar. Oli ini dapat mengurangi gesekan dan aus berlebih sehingga dapat menjaga kualitas mesin mobil.

    Selain itu, penggunaan oli berkualitas juga dapat menghasilkan pelumasan yang efektif untuk mengurangi resiko kerusakan pada mesin. Komponen mesin di dalam mobil tentunya akan terlindungi dan mencegah dari kerusakan.

    • Optimasi Performa Kendaraan

    Manfaat menggunakan oli asli selanjutnya dapat memaksimalkan performa mesin lebih baik. Contohnya seperti akselerasi lebih responsif, kekuatan yang lebih besar, dan sistem pengendalian kendaraan lebih optimal. 

    Dengan meningkatkan performa kendaraan lebih optimal, ini juga dapat meningkatkan pengalaman mengemudi Anda lebih menyenangkan. Manfaat ini akan lebih terasa terutama jika Anda sering melakukan perjalanan jauh.

    • Efisiensi Bahan Bakar

    Oli resmi juga dapat mempertahankan efisiensi bahan bakar lebih baik. Mengingat penggunaan oli ini dapat mengurangi gesekan berlebih dalam mesin, sehingga dapat meningkatkan pula efisiensi penggunaan bahan bakar.

    Tentunya manfaat ini dapat dirasakan dengan pengeluaran biaya bensin yang lebih terjangkau. Bahan bakar di dalam mobil pun akan lebih tahan lama dan tidak boros.

    • Perlindungan Mesin Optimal

    Oli asli dan berkualitas mempunyai kualitas pelumas yang tinggi sehingga mampu memberikan perlindungan optimal terhadap mesin kendaraan Anda. Ini juga dapat memaksimalkan kinerjanya dalam mengurangi keausan.

    Beberapa kerusakan komponen mesin seperti poros engkol, piston, dan katup bisa dicegah dengan penggunaan oli resmi ini. Dengan memberikan perlindungan optimal, ini memungkinkan umur mesin lebih panjang serta menghindari biaya perbaikan yang mahal.

    Itu dia beberapa manfaat menggunakan oli asli yang bisa Anda dapatkan untuk melindungi mesin kendaraan secara optimal. Pergantian oli asli secara berkala juga bisa meningkatkan kinerja mesin mobil dengan baik dalam jangka panjang.