Berita

    Ketahui Tips Memilih Oli Mesin Untuk Mobil MPV

    Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah sebuah kendaraan yang multi fungsi. Kendaraan yang satu ini umumnya digunakan untuk mobil keluarga, namun juga bisa untuk mobil operasional untuk tempat kerja. Meski begitu, memilih oli mobil MPV tidak boleh asal ya.

    Oli ini memiliki fungsi untuk melindungi mesin mobil. Apabila fungsi ini tercapai, maka masa pakai mobil juga akan lebih lama. Apalagi jika mobil Anda digunakan untuk keperluan sehari-hari.

    Cara Memilih Oli Mobil MPV

    Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memilih oli untuk mobil MPV, agar performa mobil jadi lebih baik. Ingin tahu apa saja? Berikut adalah poin-poin dan penjelasannya:

    • Ketahui Kebutuhan Mesin

    Sebelum menentukan oli yang cocok, pastikan Anda mengetahui kebutuhan mesin mobil Anda. Caranya dengan mengetahui spesifikasinya.

    Bukalah buku manual kendaraan untuk mengetahui hal ini. Jika buku mobil Anda telah tidak ada, Anda bisa mencari tahu informasi mengenai spesifikasi di Internet. Pilih sumber informasi yang terpercaya, seperti produsen dari mobil itu sendiri.

    Penting untuk memilih oli yang sesuai spesifikasi. Supaya Anda tidak memilih oli dengan kekentalan yang tinggi padahal mesin tidak butuh itu. Atau bahkan Anda memilih oli yang terlalu cair, padahal mesin butuh yang kental.

    Kalau sudah begitu, performa mesin juga tidak akan maksimal. Bahkan masa pakainya juga bisa lebih singkat.

    • Periksa Kode dan Kekentalan Oli

    Tips yang kedua adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kode dan kekentalan oli. Kode SAE (Society of Automotive Engineer) ini bisa Anda lihat di kemasan oli. 

    Misalnya saja oli dengan kode 10W-30, 15W-50 dan lain sebagainya. Huruf W pada kode memiliki arti winter atau musim dingin. Jadi maksud kode tersebut adalah 15 derajat pada suhu dingin, dan 50 di suhu panas.

    Nah, apabila indeks pada SAE makin kecil, maka oli juga semakin cair. Itu berarti, oli memiliki kemampuan bertahan pada suhu rendah. Jadi jika Anda berkendara di negara dengan musim dingin, maka oli mobil tidak akan mengeras atau peluang bekunya semakin kecil.

    • Cek Bahan Dasar pada Oli

    Tips untuk memilih oli mobil MPV berikutnya adalah dengan mengetahui bahan dasar dari pelumas. Jika Anda belum tahu, jenis pelumas terbagi menjadi 2, yakni mineral dan sintetis.

    Apa bedanya? Oli mineral terbuat dari ekstrak minyak bumi yang artinya sangat alami. Sehingga cocok untuk meremajakan mesin mobil. Sementara oli sintetis berasal dari bahan kimia. Biasanya oli ini memang untuk mesin dengan teknologi yang canggih.