Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih

    Mempunyai mobil tidak hanya harus pandai dalam menyetirnya saja. Anda juga harus pahami seluk beluk dunia otomotif agar bisa mengantisipasi permasalahan sederhana mobil. Misalnya saja saat mobil mengeluarkan asap putih. 

    Perlu diketahui bahwa mobil sehat mengeluarkan asap tidak berwarna. Jika sampai mobil keluar asap putih, Anda harus mewaspadainya dan segera mencari tahu apa penyebabnya. Simak penjelasan berikut mengenai berbagai penyebab dan solusi masalah tersebut.

    Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

    Sebelum cari tahu cara mengatasi masalah mobil mengeluarkan asap putih. Ketahui dulu beberapa penyebabnya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menemukan solusi yang tepatnya.

    • Kebocoran Oli

    Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin mobil. Apabila mobil mengalami kebocoran oli mesin, bisa jadi penyebabnya karena cairan oli rembes dan mengenai komponen mesin lainnya. Lekas cari tahu letak rembesannya dan lakukan tindakan perbaikan.

    • Ring Piston Aus

    Ring piston yang aus atau sudah terkikis bisa menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Kerusakan ini bisa ditangani dengan cara membawa mobil ke bengkel dan lakukan penggantian ring piston yang baru.

    Jangan biarkan ring piston aus sebab risikonya besar, seperti kerusakan mobil yang lebih parah dari sekadar mengeluarkan asap putih saja.

    • Rusaknya Kepala Silinder

    Kepala silinder dalam mobil berfungsi untuk merapatkan dua komponen di blok mesin. Nah, apabila mengalami kerusakan, oli mesin akan masuk ke ruang pembakaran. Inilah yang membuat mobil keluar asap putih.

    Cara Mengatasi Mobil Mengeluarkan Asap Putih

    Saat melihat mobil mulai mengeluarkan asap putih, Anda bisa mengatasi sendiri masalahnya dengan beberapa langkah berikut ini.

    • Cek Kondisi Oli Mobil

    Pastikan kondisi oli mobil tetap berada dalam kondisi full. Jika oli mobil berada di bawah indikator, bisa jadi oli akan bocor dan oli akan masuk ke ruang pembakaran. Lakukan pemeriksaan oli mobil secara berkala untuk mengecek volume oli.

    • Cek Indikator Engine

    Apabila lampu indikator engine menyala, kerusakan pada mesin mobil bisa terdeteksi, maka dari itu, pastikan Anda memeriksa indikator engine dengan teliti sehingga dapat mengetahui letak masalah sampai mobil keluar asap putih.

    • Ganti Seal Katup