Berita

    Kenali Fungsi Jack Stand dan Bagian Komponennya

    Di dunia otomotif, jack stand merupakan peralatan yang wajib ada. Keberadaan alat ini bukan hanya sekadar pelengkap, tapi mempunyai peran yang sangat krusial sehingga mekanik dapat mengerjakan perbaikan mobil dengan optimal.

    Mekanisme alat ini mirip dengan dongkrak tapi ada yang khusus yang membedakannya dengan dongkrak biasa. Dalam artikel ini Anda akan menemukan fungsi jack stand atau dongkrak secara keseluruhan berikut dengan bagian-bagiannya.

    Fungsi Jack Stand

    Alat ini mempunyai konstruksi yang lebih spesifik. Jack stand tidak hanya mengandalkan hidrolik dan pneumatic tapi lebih kompleks. Nah, fungsi dari alat ini kebanyakan adalah untuk menopang mobil atau menyangganya agar ada space dari tanah.

    Penggunaan jack stand lebih aman dibandingkan dengan batu atau kayu karena konstruksinya yang lebih kokoh. Itulah sebabnya, alat ini dapat menaikkan mobil dan menahannya dengan stabil selagi mekanik membetulkan kerusakan di bawahnya.

    Namun, Anda perlu tahu bahwa mobil untuk menopang mobil, jack stand perlu dibantu alat lain untuk menstabilkan daya topangnya. Selain itu, setiap alat ini punya kapasitas bobot dan tinggi maksimal yang berbeda.

    Namun mayoritas, alat ini mampu menopang mobil dengan tinggi 13 inci dan berat sampai 25 ton.

    Nama Setiap Bagian Jack Stand

    Jack stand bukan hanya sekadar peralatan yang berdiri sendiri, tetapi melibatkan berbagai komponen yang bekerja sama untuk membuatnya menjadi alat yang tak tergantikan dalam dunia industri dan perbengkelan.

    Mengenal nama-nama bagian penting dari jack stand ini akan memberikan pemahaman yang lebih dalam dan memperkaya pengetahuan Anda tentang penggunaannya. Berikut adalah beberapa bagian yang perlu diketahui secara komprehensif untuk memaksimalkan fungsinya.

    • Base Plate

    Bagian ini merupakan fondasi atau alas dari jack stand yang memberikan stabilitas saat digunakan. Base plate biasanya memiliki permukaan yang lebar untuk mendistribusikan beban dengan baik.

    • Control Level

    Bagian ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tinggi jack stand sesuai kebutuhan. Biasanya terdiri dari pengunci atau tuas yang memungkinkan pengguna untuk mengangkat atau menurunkan tinggi alat tersebut.

    • Support Column

    Ini adalah bagian vertikal yang terhubung dengan base plate dan support arm. Support column memberikan kekuatan dan stabilitas keseluruhan.

    • Locking Pin