Berita

    Kenali Fungsi Dashboard di Mobil dan Fungsinya

    Sebuah pertanyaan sederhana biasanya terlontar di benak para pembaca setelah melihat judul artikel ini. Apa itu Dashboard Mobil? Penjelasan singkatnya, dashboard mobil adalah bagian depan interior mobil yang memang langsung terlihat ketika masuk ke dalam mobil.

    Fungsi dari dashboard mobil sendiri adalah agar pengemudi bisa memegang kontrol penuh dari kendaraan yang mereka kendarai selama perjalanan. Tanpa harus bergeser tempat duduk ataupun mengalihkan pandangan dalam waktu lama.

    Biasanya dashboard mobil memang terpisah menjadi beberapa tempat fungsional yang bisa digunakan. Lalu, apa saja bagian dari dashboard mobil pada umumnya? Berikut adalah bagiannya:

    1. Tuas Mobil

    Semua mobil selalu memiliki tuas yang letaknya di sebelah kanan dan juga kiri setir. Letak tuas ini untuk mempermudah pengemudi untuk menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. 

    Tuas yang berada di kanan kiri setir memiliki fungsi berbeda. Ada yang fungsinya untuk menyalakan lampu depan pada saat malam hari atau memberikan tanda pada kendaraan dari arah berlawanan. 

    Ada juga tuas yang digunakan untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri. Tuas terakhir di bagian setir berfungsi untuk menyalakan wiper. Jadi ketika posisi sedang hujan atau tampilan kaca buram pengemudi bisa menyalakannya. 

    Selain tuas yang terdapat di bagian setir, ada juga tuas transmisi yang letaknya di samping pengemudi, tepatnya di pembatas antara penumpang dan pengemudi. 

    Tuas transmisi ini memiliki tujuan untuk memindahkan gigi saat mobil sedang berjalan. Tuas ini juga berfungsi untuk meningkatkan laju kendaraan. Hanya saja untuk jenis kendaraan manual dan otomatis jenis tuas yang digunakan berbeda. 

            2. Pusat Kontrol Fitur Mobil

    Bagian dari dashboard mobil satu ini juga merupakan elemen penting. Biasanya terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari kontrol audio, kontrol AC, lampu hazard dan lain-lain. Bagian dashboard mobil ini yang biasanya paling sering digunakan karena mendukung kenyamanan berkendara.

    Beberapa fungsi yang tersemat dalam pusat kontrol fitur mobil ini juga membuat perjalanan tetap aman. Seperti lampu hazard yang berfungsi untuk mencegah tabrakan, speedometer untuk mengukur kecepatan, dan lain-lain.

            3. Tempat Penyimpanan Mobil

    Selain bagasi di belakang mobil, bagian dashboard mobil juga bisa menyimpan barang-barang kecil. Fungsinya memang untuk diambil ketika dengan cepat dibutuhkan oleh sang pengendara.