Berita

    Kenali Berbagai Macam Penyebab Klakson Mobil Mati

    Klakson adalah trompet elektromekanik pada kendaraan, contohnya mobil. Komponen ini berfungsi untuk memperingati pengendara lain ketika di jalan. Maka ketika klakson mobil mati, akan sulit bagi Anda untuk memperingatkan pengendara lain.

    Untuk mengatasi klakson yang tidak berfungsi, hal pertama yang mesti Anda lakukan yaitu mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengenalinya, Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan kondisinya.

    Penyebab Umum Klakson Mobil Mati

    Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan klakson mobil tidak berfungsi. Berikut beberapa penyebab yang harus Anda kenali agar bisa mengatasinya sesuai dengan kondisinya.

            1. Adanya Masalah pada Bagian Kabel

    Jika klakson mobil Anda tidak berfungsi, cek bagian kabelnya terlebih dahulu. Karena permasalahan kelistrikan biasanya menjadi sumber permasalahannya.

    Korsleting yang putus pada bagian kabel akan membuat klakson menjadi tidak berfungsi dengan baik. Cobalah tes menggunakan test lamp untuk mengetahui adanya permasalahan pada kabel klakson.

    Hubungkan test lamp dengan kabel klakson, kemudian Anda tekan saklarnya. Jika lampu tes tidak menyala, maka bisa dipastikan penyebab utamanya di bagian kabel.

            2. Kerusakan di Bagian Switch

    Switch untuk klakson juga menjadi salah satu penyebab yang sering membuat klakson menjadi tidak berbunyi. Switch ini terletak di bagian setir mobil. Fungsinya yaitu sebagai penghubung tekanan pada tombol klakson ke sumber bunyi.

    Ketika switch ini rusak, maka klakson tidak akan berbunyi seperti biasanya. Untuk mengatasinya Anda harus membongkar switch dan memperbaikinya dari dalam.

            3. Relay Klakson Bermasalah

    Relay yang kotor, terkena air dan sudah usang juga bisa menjadi penyebab klakson menjadi tidak berfungsi. Relay biasanya terdapat pada beberapa tipe kendaraan. Fungsinya yaitu sebagai penghubung arus listrik dengan baterai.

    Letak relay berada di bagian sistem kelistrikan. Fungsi relay ini sangat penting yaitu untuk menghasilkan bunyi klakson ketika tombolnya ditekan. Jika komponen ini bermasalah, maka klakson tidak akan berfungsi seperti biasanya.

    Jika ada permasalahan pada komponen ini, maka tidak ada cara lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Namun pastikan Anda memilih relay sesuai dengan pabrikan mobil.