Berita

    Ini Dia Caranya Mengembalikan Karet Wiper yang Mengeras

    Pernah mendapati karet wiper mobil Anda mengeras? Hal ini tentu sedikit banyaknya mengganggu Anda saat berkendara terutama jika sedang turun hujan. Karet yang mengeras akan sulit menyeka air atau lebih parahnya dapat membuat kaca mobil tergores.

    Tanda Karet Wiper Mulai Mengeras

    Berikut ini beberapa tanda untuk mengetahui jika karet pada wiper mobil Anda mulai mengeras :

    • Menimbulkan suara berisik

    Karet pada wiper yang masih dalam kondisi bagus tidak akan menimbulkan suara apapun ketika dinyalakan. Jika pada saat Anda menyalakan wiper dan terdengar suara berisik itu tandanya karet wiper mengeras.

    • Air pada kaca tidak terseka secara sempurna

    Wiper mobil memiliki fungsi utama yaitu menyeka air atau debu yang ada pada permukaan kaca. Jika setelah Anda menggunakannya namun masih ada air, debu atau kotoran lain yang tertinggal, itu biasanya karena karet pada wiper mobil sudah mengeras. 

    Juga sering ditemukan adanya retakan pada karet yang menyebabkan daya sapu wiper tidak lagi bagus.

    • Adanya gerakan tersendat

    Jika Anda mendapati gerakan wiper ada yang tersendat ketika dinyalakan, itu tandanya kondisi karet sudah tidak dalam kondisi bagus lagi. Wiper dengan kondisi bagus akan bergerak secara halus dan tidak tersendat-sendat.

    Cara Mudah Mengembalikan Elastisitas Karet Wiper

    Jangan khawatir, ada beberapa cara mengembalikan keelastisan karet pada wiper yang bisa Anda lakukan di rumah dan tentunya hemat budget. Berikut ini penjelasannya :

            1. Menggunakan minyak zaitun atau baby oil

    Bersihkan terlebih dahulu wiper mobil dari debu atau kotoran lainnya, kemudian oleskan minyak zaitun atau baby oil. Tunggu beberapa saat, lalu lap menggunakan kain yang telah dibasahi air hangat secara perlahan. Setelah itu, lap menggunakan lap kain yang bersih dan kering.

            2. Gunakan lilin

    Anda cukup mengoleskan lilin pada bagian karetnya, lalu lap hingga bersih. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk merawat kelenturan karet pada wiper mobil Anda.

            3. Gunakan air cuka

    Anda dapat menggunakan cuka putih yang murni, jangan gunakan cuka campuran yang sering ditemui di warung makan. 

    Caranya mudah, pertama-tama lepaskan karet dari wiper, kemudian rendam karet menggunakan cuka dan tunggu beberapa saat. Lalu gosok karet menggunakan spons dengan gerakan searah dan berulang. Ulangi hingga beberapa kali hingga karet lentur.