Berita

    Ini Alasan Kenapa Penting untuk Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Engsel pintu mobil memainkan peran penting dalam menjaga fungsionalitas dan kenyamanan mobil Anda. Oleh karena itu, penting untuk Anda melumasinya secara berkala sebagai bentuk perawatan rutin.

    Pasalnya, pelumas dapat mempengaruhi kinerja pintu mobil Anda agar tidak macet dan lebih mudah dibuka. Selain itu, masih banyak lagi alasan lainnya mengapa Anda perlu melumasi komponen engsel pada pintu mobil.

    Mengapa Engsel Pintu Mobil Harus Diberi Pelumas?

    Meski jarang diperhatikan oleh sebagian orang, namun pintu mobil sebenarnya membutuhkan perawatan khusus agar bisa bekerja dengan baik, salah satunya yaitu melalui pelumasan. Ini dia beberapa alasan penting terkait mengapa engsel pada pintu mobil harus dilumasi:

    • Mencegah Penumpukan Debu dan Kotoran

    Melumasi engsel pintu pada mobil secara rutin efektif untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran di dalam kunci dan mekanisme engsel lainya. Sebab debu dan kotoran yang terakumulasi dapat mengganggu kinerja dan mekanisme penguncian.

    • Mencegah Kerusakan Sistem Penguncian Mobil

    Engsel pintu yang kering dan tidak dilumasi akan lebih cepat aus dan bisa menyebabkan gesekan berlebihan pada sistem penguncian pintu mobil. Karena itu, penting untuk melumasi komponen terkait secara teratur.

    • Memperpanjang Masa Pakai Mekanisme Penguncian

    Dengan melumasi engsel pintu mobil secara teratur, Anda dapat memperpanjang masa pakainya. 

    Sebab, pelumasan ini akan membantu mengurangi gesekan yang berlebihan dan resiko aus pada komponen kunci.

    • Mencegah Bunyi Berdecit

    Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh mobil yang engselnya kering adalah suara berdecit saat membuka atau menutup pintu. Dengan mengaplikasikan pelumas, suara tersebut tidak akan terdengar karena engselnya lebih mulus dan tidak macet.

    • Menjaga Gerakan Pintu Tetap Mulus

    Rutin melumasi engsel pintu juga dapat membantu memastikan sistem penguncian mobil tetap berfungsi secara efektif dan lancar. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan resiko pintu yang macet atau engsel yang tidak bergerak dengan mulus.

    Cara Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Stockphoto.com

    Engsel pada pintu mobil terdiri atas dua bagian penting.  Ada engsel utama pemegang pintu yang biasanya terletak di atas dan bawah pintu, dan engsel stopper di tengah pintu, yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan pintu agar tidak terbuka terlalu lebar.