Berita

    Perhatikan Hal Berikut sebelum Membeli Suku Cadang Mobil

    Ada kalanya Anda harus mengganti suku cadang mobil karena kondisinya sudah mulai aus. Ada banyak tempat yang bisa dijadikan rujukan untuk mendapatkan spare part mobil, mulai dari kondisi bagus sampai bekas. 

    Namun, agar terhindar dari kesalahan dan penipuan, pastikan untuk memperhatikan hal-hal ini sebelum membeli spare part mobil kesayangan. 

    Awas! Hati-hati Dalam Membeli Suku Cadang Mobil

    Kesalahan dalam membeli spare part mobil dapat merusak komponen mesin di dalamnya. Untuk menghindari hal itu, perhatikan tips berikut saat membeli suku cadang kendaraan. 

    • Membeli Dari Penjual/Produsen yang Sudah Terpercaya

    Ada banyak produsen maupun penjual spare part kendaraan roda empat. Baik dari dealer resmi maupun non resmi. Tidak sedikit pula, para penjual berlomba-lomba mempromosikan produk yang dijual untuk menggaet para konsumen. 

    Nah, sebelum membeli spare part, pastikan untuk mengecek dulu produsen maupun penjual yang akan dituju. 

    Bila membeli secara online, cek review dari penjual lain serta tanyakan mengenai kebutuhan spare part yang dicari dengan customer service-nya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penipuan maupun salah dalam membeli suku cadang. 

    • Memeriksa Keaslian Sparepart yang Hendak Dibeli

    Setiap produk yang dijual bebas pasti akan memiliki tiruannya. Termasuk juga komponen kendaraan roda empat. Untuk itu, wajib bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk mengecek keaslian sparepart yang hendak dibeli. 

    Bila tidak mengerti mengenai kondisi suku cadang mobil, Anda dapat meminta bantuan saudara maupun teman yang berpengetahuan luas mengenai kendaraan roda empat. Bisa juga mengajak montir langganan untuk mengecek keasliannya. 

    • Memastikan Kualitas Barang sebelum Membeli

    Ketika membeli sparepart mobil kesayangan, Anda wajib memastikan kualitas barangnya. 

    Cek apakah barang tersebut masih dalam kondisi bagus atau sudah mulai mengalami kerusakan. Sebab sekecil apapun kerusakannya, itu bisa berakibat fatal untuk mesin kendaraan. 

    cek sparepartFreepik.com

    Bila membeli sparepart bekas, tanyakan detail barang kepada penjualnya. Mulai dari umur pemakaian, bagaimana kondisinya saat ini.

    Jangan lupa lakukan pengetesan secara langsung di depan penjual serta saksi lainnya yang lebih paham tentang suku cadang kendaraan roda empat. 

    • Periksa Garansi yang Diberikan untuk Tiap Suku Cadang

    Tidak peduli Anda membeli sparepart kendaraan di toko ternama sekalipun, penting untuk mendapatkan informasi mengenai garansi yang akan Anda dapatkan. 

    Sebab, ada beberapa tipe sparepart yang mudah aus maupun rusak dalam waktu singkat dari yang diperkirakan. 

    Dengan menanyakan info garansi, Anda jadi tidak perlu membeli sparepart baru lagi ketika sudah mulai rusak atau aus. Pasalnya, Anda dapat mengklaim garansi untuk perbaikan maupun penggantian. 

    • Ketahui Sparepart Apa yang Dibutuhkan

    Sebelum memutuskan untuk membeli sparepart baru untuk mobil kesayangan, pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu permasalahannya. Anda dapat mengetahuinya melalui pengecekan ke bengkel maupun montir langganan. 

    Dengan begitu, Anda hanya akan membeli sparepart yang dibutuhkan dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Selain itu, Anda juga tidak akan mudah tergiur promosi sales yang menawarkan produk lainnya. 

    Pastikan untuk berkonsultasi dengan orang yang paham mengenai otomotif serta melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab kerusakannya sebelum memutuskan untuk membeli suku cadang mobil

    Tujuannya, untuk menghemat budget dan Anda hanya membeli sparepart yang sesuai spesifikasi kendaraan dan kebutuhan. 

    Agar tidak tertipu, pastikan melakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel dealer resmi Suzuki, seperti suzukipusaka.co.id! Dengan begitu, kualitas dan keaslian spare part juga akan terjamin.