Berita

    Featured Image

    Hal-hal Yang Menyebabkan Pentil Ban Mobil Rusak

    Ban mobil Anda bermasalah? Mungkin bisa jadi karena kondisi pentil ban mobil rusak. Kejadian seringkali tidak disadari. Tetapi jika diabaikan, tentu bersiko menimbulkan masalah yang sangat serius.

    Pentil ban merupakan komponen yang terdapat pada sistem roda kendaraan untuk mengontrol tekanan udara pada ban. Jika seandainya komponen ini mengalami kerusakan, maka akan mempengaruhi kinerja ban kurang optimal.

    Penyebab Pentil Ban Mobil Rusak

    Apa saja yang menyebabkan penti ban rusak? Tentu ada beberapa alasan, diantaranya adalah sebagai berikut!

    • Usia Pakai

    Kondisi pentil ban mobil rusak umumnya terjadi karena usia pakai yang sudah kadaluarsa. Itu berarti, semakin lama penggunaan komponen ban tersebut, maka semakin besar peluang kerusakan akan terjadi.

    Rata-rata usia pakai pentil ban bisa mencapai 4 hingga 5 tahun lamanya. Namun beberapa jenis katup penti ban yang terbuat dari ring karet anti bocor atau logam bisa lebih tahan lama mencapai 8 tahun.

    • Korosi

    Faktor eksternal lain bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan penti ban akibat terkena kontaminasi bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, percikan air dan genangan banjir juga bisa menjadi salah satu resiko terjadinya kerusakan pentil ban.

    Hal ini dikarenakan komponen pentil ban terbuat dari material logam yang bisa saja mengalami korosi. Masalah ini juga bisa mengakibatkan lapisan batang mengalami korosi hingga patah atau rusak.

    • Tekanan Udara Berlebihan

    Perhatikan isi tekanan angin pada roda mobil Anda, jika tekanan udara sangat tinggi yang tinggi, ini bisa menyebabkan komponen lainnya ikut bermasalah. Misalnya, meningkatkan resiko ban pecah hingga ban rentan mengalami keausan.

    ini Penyebab Pentil Ban Mobil Rusak

    Selain itu, kerusakan ini juga disebabkan adanya bagian karet atau pegas yang patah. Tentunya ban mobil dengan tekanan udara berlebihan akan sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya.

    • Kesalahan Pemasangan

    Kerusakan lainnya bisa terjadi akibat pemasangan pentil ban dilakukan secara asal-asalan. Hal ini bisa saja terjadi misalnya jika Anda masih awal dalam teknis penggantian ban mobil.

    Oleh karena itu, periksa kembali apakah terdapat kesalahan pada saat pemasangan pentil ban yang menyebabkan komponen rusak. Agar pemasangan pentil ban tidak salah, Anda bisa meminta bantuan kepada profesional yang lebih memahami teknis penggantian pentil ban.

    Waktu Ganti Pentil Ban Mobil Rusak

    Kondisi pentil ban yang rusak sebaiknya harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru. Meski spare part perlu diganti secara berkala, pastikan Anda menggantinya pada waktu berikut.

    • Ganti Pentil Ban saat Penggantian Ban 

    Ban mobil bermasalah sehingga harus segera diganti? Maka Anda juga perlu mengganti pentil ban dengan komponen yang baru. Perhatikan juga cara penggantiannya sesuai dengan jenis katup pentil ban itu sendiri.

    • Ganti Pentil Ban yang Keropos

    Korosi pada pentil ban akan membuat komponen mengalami pengeroposan sehingga mengakibatkan tekanan udara hilang. Pada kondisi ini, Anda bisa melakukan pengecekan secara keseluruhan dan mengganti komponen ban yang keropos dengan menggunakan pentil ban baru.

    Itu dia penjelasan lengkap terkait penyebab pentil ban mobil rusak yang wajib Anda ketahui agar segera melakukan perbaikan. Beberapa penyebab ini wajar terjadi terlebih jika kendaraan tersebut banyak digunakan saat perjalanan jauh.