Berita

    Alat Penunjang Keselamatan yang Wajib Ada di Mobil Anda

    Mobil adalah kendaraan yang berfungsi penting di kehidupan sehari-hari. Bagaimanapun juga, Anda tetap harus memperhatikan hal lain selain fungsi mobil itu sendiri. Contohnya adalah berbagai alat keselamatan mobil.

    Alat-alat ini tak hanya berfungsi bagi keselamatan pengendara maupun penumpangnya saja, namun juga mobil itu sendiri. Berikut daftarnya yang harus dimiliki oleh mobil Anda!

    Ragam Alat Keselamatan Mobil

    Keselamatan adalah hal utama yang perlu diperhatikan saat memiliki mobil. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa memanfaatkan mobil dengan semestinya. Berikut beberapa alat yang perlu dimiliki terkait keselamatan.

    • Airbag

    Airbag adalah komponen penting untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan. Cara kerjanya adalah jika ada benturan, maka airbag akan otomatis mengembang untuk melindungi orang-orang di dalam mobil.

    Biasanya, mobil masa kini telah dilengkapi minimal dua airbag yang terletak di bagian supir dan penumpang depan. Selain itu, ada juga yang melengkapi airbag di berbagai titik lainnya. Semakin banyak maka akan semakin bagus.

    Tentu banyaknya airbag ini akan berpengaruh terhadap harga suatu mobil. Namun itu sepadan dengan keselamatan yang bisa ditawarkan saat terjadi hal-hal tak diinginkan.

    • Baby Car Seat

    Alat keselamatan mobil lain yang perlu dimiliki terutama bagi pemilik yang mempunyai bayi adalah baby car seat. Sesuai namanya, baby car seat adalah kursi khusus untuk bayi yang diletakkan di dalam mobil.

    Kursi khusus ini bisa meminimalisir risiko pada bayi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan. Selain itu, bayi juga bisa duduk dengan lebih nyaman selama perjalanan berlangsung.

    Bagaimanapun juga, ada peraturan penggunaan baby car seat yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil tergantung jenis-jenisnya. Alat ini juga harus dipasang dengan benar agar bisa berfungsi dengan baik.

     

    isofix dan keselamtan

    Unsplash.com

    • Anti-lock Braking System (ABS)

    ABS adalah pengereman yang menggunakan sistem hidrolik. Fungsinya adalah agar semua kendaraan tidak terkunci saat mengerem mendadak sehingga pengemudi lebih mudah mengendalikan mobil.

    Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan tergelincirnya mobil saat pengereman mendadak. Terlebih lagi jika hal itu dilakukan di atas jalanan licin.

    Saat ini banyak mobil keluaran terbaru yang telah dilengkapi oleh ABS. Namun, ada juga yang belum melengkapinya. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan keberadaan fitur ini sebelum membeli mobil baru.

    • Sabuk Pengaman

    Meski sering dianggap sepele, alat keselamatan mobil yang satu ini nyatanya telah menyelamatkan banyak nyawa saat terjadi kecelakaan. Caranya dengan menahan posisi tubuh agar tidak terbentur atau terpental keluar.

    Itulah mengapa Anda harus selalu menggunakan sabuk pengaman. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa sabuk pengaman tersebut dapat berfungsi dengan semestinya.

    Sabuk pengaman juga sering dilengkapi oleh fitur-fitur lain. Misalnya adalah seat belt stopper yang berfungsi untuk mengurangi tekanan pada perut. Ada juga sarung sabuk yang bisa meminimalisir rasa sakit saat menggunakannya.

    • Kunci Setir

    Sesuai namanya, alat ini digunakan pada setir mobil agar bisa menguncinya saat terparkir. Dengan demikian, setir tak bisa digerakkan selama kunci itu terpasang.

    Kunci setir bisa mencegah agar mobil tidak dicuri saat ditinggal. Dengan demikian, keamanan mobil pun dapat lebih terjaga.

    Lima alat keselamatan mobil ini perlu diperhatikan agar seluruh anggota keluarga maupun mobil tetap aman selama berkendara maupun diparkir. Untungnya, beberapa alat ini bisa ditemukan pada mobil Suzuki.