Berita

    3 Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

    Lampu kota biasa disebut dengan lampu senja atau clearance light. Beberapa orang mengartikan lampu ini dalam arti yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya lampu jarak karena berguna untuk menentukan ukuran kendaraan. Ada juga yang menyebut dengan istilah lampu kecil karena cahaya yang dihasilkan tidak terlalu cerah.

    Bahkan beberapa daerah memiliki penyebutan yang berbeda-beda juga mengikuti bahasa daerah tersebut. Namun, tetap saja pada intinya sama.

    Untuk mempermudah pengertiannya, lampu senja adalah lampu posisi. Disebut dengan front position lamp jika letaknya di depan kendaraan. Disebut dengan tail lamps atau rear position lamps jika letaknya di belakang kendaraan. Namun, ada juga kendaraan yang menempatkan lampu ini pada bagian samping, disebut dengan side position lamp.

    Pada kendaraan jenis mobil, letaknya berada di bagian depan dan belakang mobil. Sedangkan lampu bagian belakang menyatu bersama lampu rem. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai isyarat atau penanda bagi kendaraan lainnya.

    Sama dengan namanya, lampu kota hanya dapat dinyalakan pada saat berkendara di wilayah kota.

    Fungsi Lampu Kota

    Tentunya, penciptaan fitur kendaraan memiliki fungsi yang penting bagi kendaraan. Berikut beberapa fungsinya yang harus Anda ketahui.

            1. Menandakan Posisi Mobil

    Jalan raya biasanya terdiri dari beberapa ruas jalan. Jumlahnya pun beragam, tetapi umumnya berjumlah dua atau tiga ruas jalan. Pada situasi cerah atau siang hari pandangan memang masih jelas untuk melihat posisi kendaraan.

    Namun, bisa saja Anda berkendara saat kondisi mulai gelap karena tidak ada matahari atau cuaca buruk saat hujan. Kondisi ini sangat wajib untuk menyalakan lampu.

    Pasalnya, pengemudi akan mengalami kesulitan untuk mengetahui keberadaan kendaraan lain pada malam hari atau cuaca mendung. Sehingga dengan menyalakan lampu, Anda dapat memberikan jarak dengan kendaraan lain.

    Lampu kota yang tidak dinyalakan pada waktu-waktu tertentu dapat membahayakan pengendara lain karena tidak melihat keberadaan mobil Anda. Demi keamanan sesama pengguna jalan, pastikan lampu Anda dapat dinyalakan pada kondisi tertentu.

            2. Menandakan Ukuran Mobil

    Fungsi selanjutnya adalah sebagai pengukur panjang dan lebar kendaraan. Pengendara lain dapat dengan mudah mengenali ukuran mobil Anda. Terlebih untuk kendaraan ukuran besar, seperti bus dan truk.