Berita

    Penyebab & Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

    Sedang mengalami permasalahan rem tangan mobil tidak berfungsi dan tidak tahu penyebabnya? Jangan khawatir, kami di sini akan mencoba memaparkan berbagai penyebab umum yang sering terjadi.

    Handrem sendiri merupakan komponen penting pada sebuah mobil. Fungsinya yaitu untuk menahan mobil saat tidak beroperasi.

    Berbagai Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

    Handrem merupakan komponen yang jarang digunakan dibandingkan rem konvensional. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa pemilik mobil jarang memperhatikan kondisinya. Akhirnya handrem kerap mengalami gangguan karena sering dikesampingkan.

    Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan rem tangan mobil tidak berfungsi seperti biasa. Berikut sudah kami rangkum berbagai penyebab-penyebabnya tersebut:

    • Setelan sepatu rem yang berkurang sehingga tuas menjadi lebih tinggi saat diaktifkan.
    • Kondisi kampas rem yang bermasalah. Contohnya seperti bantalan rem yang sudah mulai menipis sehingga rem tidak mencengkram dengan baik.
    • Kondisi rem yang kotor. Debu dan kotoran akan membuat pengereman menjadi tidak optimal.
    • Kerusakan atau penurunan performa karena usia handrem yang sudah lama.
    • Lupa melepas handrem dan memaksa mobil berjalan dalam kondisi masih aktif.

    Tanda-Tanda Rem Tangan Harus Segera Diperbaiki

    Ada beberapa ciri-ciri kapan Anda harus segera memperbaiki rem tangan mobil tidak berfungsi. Jadi Anda tidak boleh membiarkannya jika sudah menunjukan tanda—tanda sebagai berikut:

    • Merasakan adanya penurunan performa saat Anda menggunakannya.
    • Tarikan rem tangan lebih tinggi dari settingan pabrik. Rem yang terlalu tinggi biasanya bisa 5 hingga 7 klik.
    • Rem tangan susah turun karena adanya penyumbatan pada komponen.

    Cara Mengatasi Rem Tangan yang Tidak Berfungsi

    Rem tangan yang bermasalah bisa Anda atasi sendiri dengan cara yang sederhana. Berikut sudah kami rangkum cara mengatasi rem tangan mobil tidak berfungsi agar berfungsi lagi seperti biasa:

            1. Mengecek Sela-Sela Roda Mobil

    Siapkan dongkrak lalu angkat mobil untuk memeriksa rodanya. Cek sela-sela roda mobil, kemudian putar. Jika pada saat diputar roda berjalan dengan mulus, maka tidak ada masalah.

    Akan tetapi, jika roda tersebut berjalan tidak sempurna, maka handrem mobil Anda sedang bermasalah. Untuk mengatasinya silahkan cek kampas rem. Ganti kampas rem jika sudah tidak layak pakai.