Berita

    Ketahui Bagian-Bagian Busi Mobil, Fungsi dan Cara Memilihnya

    Busi adalah salah satu komponen penting dalam mesin mobil yang berfungsi menghasilkan percikan api untuk proses pembakaran mesin. Meskipun kecil, namun busi mobil ternyata terdiri atas beberapa komponen atau bagian lain yang memiliki fungsi masing-masing.

    Dengan memahami bagian-bagian busi beserta fungsinya, Anda bisa mengetahui bagaimana cara kerja komponen busi dalam membantu proses pembakaran. Selain itu, hal ini juga bisa membantu Anda mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi pada komponen terkait.

    Berikut Bagian-Bagian Busi Mobil dan Fungsinya

    Cara kerja busi adalah dengan cara menghasilkan percikan api dari tegangan listrik tinggi untuk membuat gas terionisasi, hingga menyebar dan menghasilkan ledakan/percikan kecil. Untuk melaksanakan fungsi tersebut, berikut berbagai bagian busi yang berperan penting:

    • Terminal

    Adalah titik koneksi antara busi dan kabel pengapian yang biasanya berada di bagian atas busi. Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan komponen busi dengan ignition coil agar arus listrik bisa mengalir.

    • Ignition Coil

    Merupakan bagian dari sistem pengapian pada mobil. Ignition coil berfungsi untuk mengubah arus listrik rendah dari baterai menjadi arus listrik yang lebih tinggi sehingga dapat menghasilkan percikan api pada busi.

    • Metal Case

    Metal case adalah bagian terluar busi yang terbuat dari logam. Komponen ini berfungsi melindungi insulator keramik dan elektroda dari panas dan tekanan yang terjadi di dalam mesin.

    • Insulator Keramik

    Merupakan komponen berbahan keramik yang digunakan sebagai penghalang arus listrik antara elektroda pusat dan elektroda tepi. Insulator keramik ini juga berfungsi untuk menahan panas dari busi dan mencegah panas yang berlebihan di mesin.

    • Insulator Tip

    Insulator tip merupakan bagian dari insulator keramik yang menonjol keluar dari metal case. Fungsinya sama dengan insulator keramik yaitu untuk memisahkan elektroda pusat dari elektroda tepi.

    • Hex

    Adalah komponen berbentuk soket pada busi mobil yang digunakan untuk memudahkan pemasangan dan penggantian busi, termasuk untuk memasang spark plug di dalam mesin mobil.

    • Gasket

    Selanjutnya, gasket adalah segel yang terbuat dari bahan karet atau logam dan berperan penting dalam proses pembakaran. Fungsinya adalah untuk mencegah tekanan atau kompresi ruang bakar supaya tidak bocor atau keluar.

    • Central Electrode